Pariwara
Kolaka Utara

Koperasi di Kolut Disarankan Restrukturisasi

Misna Amir Muhammad

KENDARIPOS.CO.ID — Maksimalisasi program pada sektor pertanian secara luas sedang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut). Para penggiat koperasi disarankan melakukan restrukturisasi wadah agar menyesuaikan visi-misi pemerintah. Kabid Kelembagaan, Pengawasan Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Kolut, Misna Amir Muhammad, menjelaskan, peluang para penggiat dunia koperasi bisa berkembang. Salah satunya melakukan restrukturisasi dengan merubah pola dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) menjadi Koperasi Serba Usaha (KSU).

“Misalkan bertempat di wilayah perkebunan, baiknya menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Tetapi itu tergantung mereka. Kita hanya mengimbau dan membina,” ujarnya, Jumat (4/5/2018). Meskipun belum ada koperasi yang berubah, setidaknya itu menjadi pertimbangan mengingat Kolut wilayah pertanian. Hanya saja, kesadaran berkoperasi di Kolut belum stabil. Dari 137 unit, 52 tak berkembang karena minimnya modal hingga manejemen dan anggotanya yang berkurang. Namun, ada pula daerah yang dipandang potensial pertumbuhan koperasinya, seperti di Kecamatan Purehu.

Pihaknya saat ini tak lagi melakukan sosialisasi, namun lebih pada pembinaan. “Kami siap membina wadah yang memang tetap konsisten mengembangkan organisasi untuk kesejahteraan anggota, dibanding muncul sekali dan menghilang begitu saja, hanya karena untuk menjemput bantuan pemerintah. Kalau tidak ada bantuan diterima, ya tutup lagi,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top