Pariwara
Kolaka Utara

Kolaka Utara Butuh 1.000 Guru Kelas

KENDARIPOS.CO.ID — Sebaran tenaga pendidik pada sejumlah sekolah di Kolaka Utara (Kolut), belum merata. Kendalanya terletak dari jumlah pengajar itu sendiri yang jauh dari angka ideal. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Hasanuddin, menjelaskan, pemerataan itu bukanlah soal mau atau tidaknya pemerintah. “Kolut masih kekurangan guru diatas angka 1.000 orang. Jika kelebihan tentu dipindahkan,” bebernya, Jumat (4/5/2018).

Guru yang banyak dibutuhkan di Bumi Patampanua itu adalah pendidik di kelas Sekolah Dasar (SD). Pihaknya telah mengkalkulasi itu berdasarkan ruang kelas yang tersedia. “Termasuk guru pelajaran Pendidikan Jasmani juga minim sekali. Kalau tidak salah, tersisa dua orang dari sepuluh yang ada sebelumnya namun sekarang telah berstatus kepala sekolah. Itu data terakhir yang saya lihat,” ujarnya.

Soal perpindahan tempat mengajar dari kecamatan ke pelosok atau sebaliknya, menurut Manager BOS di Kolut itu, juga punya aturan. Guru yang bertugas di pelosok harus mengabdi minimal delapan tahun baru bisa mengajukan pindah ke kecamatan. Tetapi tidak semudah itu. Penggantinya harus tersedia sebelum disetujui bupati selaku kepala daerah. Makanya, dalam satu sekolah seorang guru harus menggandakan keilmuannya untuk mengajar hampir semua mata pelajaran. “Tentunya hal ini menjadi perhatian pemerintah untuk menutupi kekurangan guru pada sejumlah sekolah di Kolut,” pungkas Hasanuddin. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top