Pariwara
Bau-bau

AHY Panen Rumput Laut di Baubau

BERSAMA NELAYAN: Dankogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi anggota DPR RI, Umar Arsal (kiri) melaut bersama petani rumput laut di Kecamatan Lea-lea, Kelurahan Palabusa, Kota Baubau, Jumat pagi (4/5). FOTO: KOGASMA DEMOKRAT FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengawali harinya dengan melaut bersama petani rumput laut di Kecamatan Lea-lea, Kelurahan Palabusa, Kota Baubau, Jumat pagi (4/5). Setibanya di Palabusa, AHY disambut Lurah Palabusa, Rukiya dan salah satu petani rumput laut Palabusa bernama Bahar.

Pria paruh baya ini langsung mengajak AHY dan anggota DPR RI asal Sultra, Umar Arsal menaiki koli-koli (perahu) untuk meninjau tempat budidaya sekaligus memanen rumput laut. Setelah berlayar sekira 1 kilometer ke tengah laut, AHY bersama rombongan sampai di salah satu tambak rumput laut yang sudah siap panen. Tanpa menghiraukan terik matahari, mantan calon Gubernur DKI Jakarta ini memanen rumput laut yang ada di bawah perahunya.

“Alhamdulillah, hari ini kita panen rumput laut. Mudah-mudahan ke depan semakin baik, semakin bagus panennya. Semoga juga bisa dijual dengan harga yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan petani, terutama di Palabusa ini,” ungkap AHY sambil memberikan hasil panen rumput laut kepada Bahar.

Usai memanen, AHY kembali ke daratan dan bertemu dengan para petani rumput laut yang lain. Dengan seksama AHY menyaksikan para petani mengikat bibit rumput laut ke tali hingga menjemur rumput laut yang sudah dipanen. Kepada masyarakat Palabusa, sambil tersenyum AHY menceritakan pengalaman barunya saat memanen rumput laut.

“Saya merasa sangat senang hari ini (jumat,red) bisa berkunjung secara langsung, menyapa bapak/ibu warga Palabusa. Saya juga ingin menyaksikan dan merasakan apa yang dikerjakan oleh masyarakat, kelompok petani pembudidaya rumput laut. Tadi sampai ke tengah-tengah dan alhamdulillah sekarang berinteraksi secara langsung,” jelasnya.

Bagi putra mantan Presiden SBY ini, melihat dari dekat proses pembudidayaan rumput laut merupakan pengalaman baru. Dirinya berjanji akan mesupport masyarakat sesuai tupoksi yang dimilikinya. “Saya juga mendoakan bapak/ibu agar semakin baik kehidupannya. Mari kita berjuang bersama-sama,” katanya.

Setelah menyapa warga, AHY secara simbolis memberikan bantuan untuk warga Palabusa berupa seperangkat perlengkapan budidaya rumput laut kepada Zainuddin (39), salah satu petani rumput laut. “Sangat senang sekali mendapat bantuan seperti gabus, tali dan lainnya untuk perlengkapan agar-agar. Terima kasih Pak Agus,” ujar Zainuddin setelah menerima bantuan dari AHY. Menurutnya, dengan seringnya tokoh-tokoh seperti AHY datang ke Palabusa, bisa memotivasi masyarakat. “Kami merasa yang tadinya tidak dilihat, mudah-mudahan dengan adanya kunjungan seperti ini bisa dilihat kehidupan di sini sehari-harinya,” terangnya.

Sebelum meninggalkan Palabusa, AHY mencicipi suguhan berbagai makanan hasil olahan rumput laut mulai dari minuman rumput laut hingga agar-agar. “Mantaaaap,” seru AHY setelah menenggak habis setengah botol minuman sari rumput laut. Siang harinya, AHY terbang ke Kota Kendari untuk memberikan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.(bcr/csa/rilis/dik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top