Pariwara
Kolaka Timur

Jalan Kecamatan di Koltim Pakai Asbuton Lawele

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penggunaan material aspal Buton (Asbuton) Lawele untuk menata jalan kecamatan, dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan. Dari 12 kecamatan yang ada, pihak Dinas PU akan mengaspal tiga wilayah yakni, Kecamatan Mowewe, Uluiwoi dan Tirawuta dengan produk tambang dari Lawele dengan karakteristik mastic (lunak) serta memiliki kadar bitumen 30 persen tersebut.

Kepala Dinas PU dan Perhubungan Koltim, Bio Mansur, membenarkan, pekerjaan jalan dengan menggunakan aspal Lawele dikhususkan bagi ruas ibu kota kecamatan. “Sebelumnya Pemkab sudah mengerjakan pada beberapa kecamatan yang ada dengan memanfaatkan aspal Lawele. Tahun ini hanya hanya tiga kecamatan saja. Memang, peningkatan infrastruktur jalan harus dikerjakan secara bertahap, apalagi anggaran terbatas,” paparnya, kamis (3/5).

Untuk di Kecamatan Tirawuta, akses yang akan diaspal adalah menuju Rujab wakil bupati. Sementara di Kecamatan Mowewe sepanjang 1,5 kilometer dan Uluiwoi 2 kilometer. Mantan Sekdis PU Koltim tersebut menambahkan, porsi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di Dinas PU dan Perhubungan sekitar Rp 80 miliar. Meski dianggap minim, namun pihaknya terus berupaya membangun infrastruktur lainnya seperti jembatan, box culvert dan bangunan lainnya. “Alhamdulillah sebagian paket pekerjaan sudah jalan. Kami target bulan Mei ini semuanya harus tuntas dilelang,” tandas Bio. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top