Pariwara
Konawe

Satu Ton Sagu Diproduksi Tiap Bulan di Konawe

Muhammad Akbar

KENDARIPOS.CO.ID — Meskipun dikenal sebagai lumbung beras Sulawesi Tenggara (Sultra), namun potensi pangan di Konawe bukan hanya itu saja. Sejak tahun 2017 lalu, pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Ketahanan Pangan yang didukung Food and Agriculture Organization (FAO) telah mengembangkan sagu sebagai sumber pangan alternatif. Saat ini bahkan produksi hingga satu ton sagu basah tiap bulan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar, mengungkapkan, mereka telah membuat laboratorium untuk budi daya dan produksi tepung sagu secara modern, bekerja sama dengan FAO, 2017 lalu. Kini, pabrik pengolah sagu modern itu telah beroperasi di Desa Labela, Kecamatan Besulutu. “Saat ini kita sudah bisa menghasilkan satu ton sagu basah perbulan. Ada yang kita pasarkan ke kota dan daerah lain, ada juga di ekspor ke provinsi lain,” ujarnya, Rabu (2/5).

Saat ini pabrik tersebut telah menghasilkan sagu yang bisa dikonsumsi masyarakat dalam bentuk tepung. Hal itu juga sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pembuatan pabrik pengolahan sagu bisa menyerap tenaga kerja lokal, sekaligus upaya untuk menyelamatkan tanaman sagu dari kepunahan, serta melestarikan pangan di Konawe,” terangnya.

Menurut Akbar, masih banyak produksi tepung sagu Konawe yang dijalankan secara manual, dan kurang efisien karena banyak yang terbuang. Sehingga, mereka mencoba untuk memproduksi secara modern, dan meminimalkan pembuangannya. “Kualitas pati sagu Konawe, nomor dua di dunia dan lahan terluas ketiga di Indonesia, setelah Papua dan Kepulauan Riau, karena mereka memang fokus kembangkan sagu,” paparnya.

Akbar berharap, walaupun Konawe adalah penghasil beras, namun ia ingin warga tidak hanya tergantung pada kebutuhan pokok tersebut. Sehingga stok lebih banyak, dan beras bisa diekspor ke luar. “Dengan begitu, ketika petani mengalami masa kritis karena puso atau banjir, mereka tidak akan menjadi rawan pangan, karena ada alternatif pangan lain untuk dikonsumsi, misalnya dengan sagu,” tandasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top