Pariwara
Bombana

Pemkab Bombana Gagas AKI Nol

KAMARUDDIN/KENDARI POS
LAUNCHING AKI : Bupati Bombana, H. Tafdil saat melaunching program AKI Nol, rabu (2/5)

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya menghilangkan angka kematian ibu (AKI) dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan melaunching kemitraan bidan menuju AKI nol. Program tersebut diluncurkan Rabu (2/5). Bupati Bombana, H Tafdil menjelaskan, AKI nol tahun 2018 adalah sebuah inovasi. Sebab sejak 2015 lalu hingga 2017 ada 18 Ibu meninggal dunia saat akan melahirkan karena tindakan yang kurang tepat.

“Jadi kemitraan bidan ini adalah inovasi menekan AKI, karena ditahun sebelumnya selalu ada ibu yang meninggal. Seperti ditahun 2015 tujuh orang, 2016 enam orang dan 2017 ada lima orang,” paparnya. Bupati dua periode itu menegaskan, untuk menyukseskan hal tersebut seluruh OPD, pemerintah kecamatan, desa, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat harus bekerja sama menyukseskan inovasi tersebut.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Bombana, dr. Sunandar menjelaskan, dengan kemitraan tersebut masyarakat diminta agar selalu memeriksa kehamilannya ke bidan-bidan yang telah terlatih khususnya saat proses persalinan. “Kan selama ini masyarakat masih banyak yang menggunakan jasa dukun anak. Nah, pemikiran itu akan kami ubah pada masyarakat. Agar mereka menyerahkan hal tersebut kepada bidan-bidan kami yang bertugas di lapangan. Jumlah bidan tersebar di seluruh Kabupaten Bombana sebanyak 410 orang, baik PNS dan non PNS,” paparnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top