Space Iklan
Pariwara
Konawe Utara

Logo Ormas di Konut Jangan Sama Atribut Negara

Raup

KENDARIPOS.CO.ID — Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengharamkan identitas atau logo organisasi kemasyarakatan (Ormas), menyerupai atribut negara maupun label penegak hukum. Hal itu bertentangan dengan undang-undang nomor 16 tahun 2018 tentang penetapan Perppu 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas).

“Pendirian Ormas itu tidak boleh menggunakan logo, lambang maupun atribut menyerupai lambang sebuah negara. Termasuk pemberian nama jangan sama dengan penegak hukum,” tegas Kepala Seksi Pendaftaran Ormas Kemendagri, Prayogo Hadi Cahyono di hadapan pengurus Ormas di Konawe Utara (Konut).

Makanya, Kesbangpol Konut diminta memperhatikan Ormas di daerah yang akan mendaftarkan diri. “Kesbangpol harus benar-benar teliti dan memverifikasi pendirian Ormas sebelum dilanjutkan ke Kemendagri,” sambung Prayogo. Berdasarkan catatan Kemendagri jumlah Ormas yang teregister Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum terhitung 26 April 2018 sebanyak 378.847 di seluruh wilayah NKRI.

Sementara itu, Wakil Bupati Konut, Raup, mengatakan, sosialisasi Ormas diharapkan semakin menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan memantapkan persatuan serta kesatuan antara seluruh elemen khususnya di Konut. “Ormas dapat menjadi motor pengerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan daerah,” pinta Ketua DPD PAN Konut itu.

Hal senada diungkapkan Kepala Kesbangpol Konut, Abunawas. Sosialisasi keormasan yang dilakukan lebih pada tertib administrasi sehingga bermuara pada legalitas lembaga. “Tentunya pendirian Ormas jangan bertentangan dengan undang-undang. Olehnya itu harus bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Tentunya persatuan dan kesatuan tetap dijaga demi keutuhan NKRI,” timpalnya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top