Pariwara
Konawe Utara

Pemkab Konut Usul Raperda OPD ke DPRD

Raup

KENDARIPOS.CO.ID — Perubahan atas peraturan daerah (Perda) nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan organisasi perangkat daerah sedang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) ke DPRD. Raperda organisasi perangkat daerah tersebut diusulkan langsung Wakil Bupati Konut, Raup, di hadapan unsur pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

“Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan OPD merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Konut,” argumen Raup, selasa (1/5). Ketua DPD PAN Konut tersebut mengungkapkan, dalam memaksimalkan fungsi pelayanan dan pembangunan, Pemkab telah melakukan koordinasi dan konsultasi. Hasilnya, Pemprov Sultra merekomendasikan data perbaikan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang serta bidang perumahan dan kawasan pemukiman.

Rekomendasi ini tentunya mengacu pada UU 23 tahun 2014 dan PP 18 tahun 2018. “Rekomendasinya, Pemkab Konut agar membentuk dua lembaga yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman,” urai Raup di hadapan Ketua DPRD Konut, Jefry Prananda. Tak hanya PU Konut yang diusulkan untuk dimekarkan. Melainkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta Dinas Pertanian juga diusul untuk membentuk OPD baru.

Badan Pendapatan Daerah sebelumnya masuk dalam satu bidang pada BPKAD. Termasuk OPD Dinas Perkebunan dan Hortikultura yang sebelumnya berada dalam naungan Dinas Pertanian. “Sedangkan Sekretariat Korpri yang sebelumnya menjadi satu OPD diusulkan ditarik kembali dan dimasukkan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD),” urainya. Dari pemaparan wakil bupati, empat fraksi di DPRD menyetujui adanya pembentukan OPD baru. (c/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top