Pariwara
Wakatobi

Dua Warga Asing Dideportasi dari Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Imigrasi Kelas III Kabupaten Wakatobi tak memberi toleransi bagi orang asing yang tak taat aturan. Belum lama ini, dua turis yang berkunjung ke Wakatobi tertangkap menggunkan visa wisata namun menjadi instruksi diving. Keduanya kini dipulangkan ke negara masing-masing karena telah melanggar undang-undang.

Setelah mendapat informasi dari Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kecamatan, pihak Imigrasi Wakatobi langsung melakukan tindakan administratif pemulangan terhadap dua orang asing ini. Tindakan tersebut akan terus dilakukan untuk mencegah hal tak diinginkan apalagi telah melakukan aktivitas yang merugikan pemerintah kabupaten (Pemkab).

“Keduanya kami pulangkan ke negara asal karena tertangkap menggunakan visa wisata tapi menjadi instruktur diving. Ini merupakan informasi dari anggota Timpora kecamatan yang ada pada tiap pulau di Wakatobi ini. Tentu saja kami sangat apresiasi hal ini,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Wakatobi, Saroha Manullang, selasa (1/5).

Kedua orang asing itu diketahui berkewarganegaraan Tiongkok dan Afrika Selatan. “Kalau WN Tiongkok kita pulangkan sejak 29 Maret lalu sementara yang dari Afrika Selatan ini pada tanggal 13 April,” tambah Manullang. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya bersama instansi terkait, serta camat hingga lurah dan kepala desa kerap melakukan sosialisasi pengawasan. Baru-baru ini juga digelar forum dialog dalam rangka pemantauan dan pengawasan aktivitas orang dan lembaga asing. Kegiatan tersebut diadakan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri.

Dalam kegiatan ini, Saroha Manullang menjadi narasumber. “Kami paparkan tugas dan kinerja Keimigrasian, sebagai bentuk supporting terhadap Pemkab Wakatobi dalam Slogan “Sinergitas tanpa Batas” dalam menjaga kedaulatan negara terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di daerah ini,” paparnya. Kegiatan tersebut melibatkan semua elemen yang ada.

Sekadar diketahui, peserta kegiatan tersebut adalah para Kepala Badan Kesbangpol Provinsi di wilayah Kalimantan, Jawa, Bali, NTT, termasuk Kepala Kesbangpol kabupaten/kota se-Sultra, dinas teknis, Komunitas Intelijen Daerah Kabupaten Wakatobi, forum masyarakat dan pemerintah kecamatan serta lurah. (b/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top