Pariwara
Kolaka Utara

Buku Narkoba Beredar di Kolut, Dikbud tak Tahu

Hasanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah sekolah di Kolaka Utara (Kolut) mendapat jatah pengadaan buku terkait Narkoba yang diklaim berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) selaku penyedia barang. Pengadaan buku tersebut wajib dimiliki sekolah dengan melunasi pembayarannya melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sayangnya, pihak Dikbud justru tak mengakui pengadaan literatur tersebut.

Hal tersebut dikeluhkan banyak kepala sekolah karena dianggap sangat mahal dan menguras dana operasional. Padahal banyak kebutuhan yang dianggap lebih urgen. Setelah ditelusuri ke pihak Dikbud, pengadaan buku seri Narkoba itu memang tak ada dalam daftar rencana kerja anggaran (RKA). Kadis Dikbud Kolut, H. Mukrim serta Manager BOS, Hasanuddin, juga tak mengakui pengadaan dan beredarnya buku bacaan tersebut.

“Menurut yang antar, buku ini dari Dikbud dan dibayar menggunakan dana BOS. Bagaimana kita tidak mengeluh, anggaran sekolah kami saja masih kurang untuk menutupi semua keperluan sekolah,” keluh salah satu Kepsek, akhir pekan lalu. Manager BOS Dikbud Kolut, Hasanuddin yang dikonfirmasi membantah tudingan yang mencaplok nama instansinya itu. Ia menegaskan, pihaknya tak bertanggung jawab dengan buku paketan yang disebar ke sekolah.

“Tidak ada pengadaan buku tentang Narkoba. Hanya buku referensi K13 non teks yang diprogramkan dan itu murah,” tegasnya. Untuk diketahui, buku tentang Narkoba yang sudah dikemas dalam paket tersebut terdiri dari enam buah diperuntukkan bagi jenjang SD dan SMP. Harganya Rp 3,5 juta per paket dan diedarkan sejak awal bulan lalu. Sebagian menerima penawaran itu karena ditekankan wajib namun ada juga beberapa Kasek menolak. Sebab dana mereka tidak cukup untuk menalanginya. (b/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top