Pariwara
Muna Barat

BPS Sosialisasi PMTB, Podes dan Sutas di Mubar

YAFRUDDIN YADDI/KENDARI POS
BPS : Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani, memberikan sambutan dalam sosialisasi yang digelar pihak BPS bersama Pemkab.

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan kebutuhan data, khususnya investasi detail, sangat dibutuhkan dalam membangun percepatan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas. Senin (30/4) lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Muna, menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) dalam sosialisasi penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB) pendataan potensi desa (Podes) dan survey pertanian antar sensus (Sutas) 2018.

Kepala BPS Muna, Kadir Pua, menjelaskan, secara teoritis, perekonomian suatu negara ditentukan setidaknya dua faktor, yakni barang modal dan tenaga kerja yang diwujudkan dengan keahlian. Kedua faktor produksi tersebut menggerakan variabel ekonomi lainnya. “Peran barang modal adalah mentransportasikan berbagai input menjadi output (produk). Dengab kata lain, investasi merupakan salah satu bagian penting, karena memiliki keterkaitan dalam berlangsungnya kegiatan ekonomi pada masa sekarang maupun akan datang,” papar Kadir Pua.

Sementara itu, Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani, mengatakan, seluruh OPD, camat dan para kepala desa sangat perlu mengikuti kegiatan tersebut. Sebab sangat bermanfaat bagi kelangsungan pembangunan di Muna Barat. “Saya berharap para camat proaktif, sebab ini bicara data. Karena yang kita inginkan adalah data valid. Jika informasinya kurang bagus maka datanya juga tak akan baik,” pinya Mubar-2 tersebut. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top