Pariwara
Muna

1.164 Warga Bermohon Tinggalkan Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Sulitnya mencari lapangan kerja di Muna membuat banyak warga meninggalkan daerah untuk mengadu nasib ke berbagai daerah tujuan. Jumlah itu tidak sebanding dengan angka pindah masuk ke otorita Bupati, LM Rusman Emba. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muna mencatat, pada medio Januari hingga April 2018 ini, ada sebanyak 1.164 permohonan pindah domisili. Rinciannya, Januari 347 pemohon, Februari 322, Maret 295 dan April 200.

“Itu hanya jumlah pemohon saja. Biasanya satu pemohon, misalnya suami selalu membawa serta anak istri ke tempat bekerja. Jadi bisa dibilang hampir 2.000 orang yang pindah untuk 2018 saja,” ujar Karim Tande, Kepala Seksi Pindah Datang di Disdukcapil Muna. Paling banyak tujuan pindah masyarakat Muna, kata Karim adalah Morowali, Sulawesi Tengah. Selanjutnya Kota Kendari, Jayapura dan Luwuk, Sulawesi Tengah. Sedangkan tujuan kepindahan hampir dipastikan seluruhnya hendak mencari pekerjaan. “Untuk tahun ini rata-rata kerja di tambang seperti Morowali,” sambungnya. Sedangkan untuk pindah datang sendiri dari data yang diperoleh Karim jumlahnya hanya 508 pemohon. Rinciannya Januari 115, Februari 115, Maret 145 dan April 133 pemohon. “Jadi selisihnya hampir dua kali lipat,” terangnya.

Jumlah pemohon pindah domisili dipastikan akan meningkat pada bulan berikutnya. Hal itu mengingat pada Mei dan Juni merupakan tahun ajaran baru. “Jadi banyak lagi yang pindah, tujuannya pasti rata-rata untuk lanjut studi,” pungkas Karim. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top