Pariwara
Bau-bau

Resmi Difungsikan, Kantor Bappeda Baubau Masih Bermasalah

La Ode Abdul Hambali

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek pembangunan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau telah rampung sejak 2017 lalu. Peresmian penggunaannya bahkan telah dilakukan sejak awal tahun 2018 ini. Meski demikian, ternyata gedung dua lantai yang dibangun di samping Kantor Wali Kota Baubau, Palagimata itu, masih menyisahkan problem. Proyek tersebut masuk dalam daftar temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Pembangunan Kantor Bappeda menjadi temuan BPK, karena melampaui batas waktu pengerjaan. Tetapi pekerjaan yang rampung hanya sekitar 80 persen saja,” kata Kepala Inspektorat Kota Baubau, La Ode Abdul Hambali saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu. Dari temuan itu, BPK mengeluarkan rekomendasi untuk pengembalian kerugian uang negara, yaitupembayaran denda. Semua itu berdasarkan aturan sebagai konsekuensi dalam pengerjaan sebuah proyek bila tidak sesuai ketentuan yang ditetapkan.

“Denda dan uang jaminan yang dikenakan itu sekitar Rp 200 juta,” ungkapnya. Pemberian denda tersebut sebenarnya menjadi tanggung jawab pihak ketiga dalam hal ini kontraktor. “Jadi mereka itulah (kontraktor) yang mesti menyelesaikan persoalan. Tetapi, informasi terakhir yang saya dengan dari pihak Bappeda, hal itu sementara dalam tahap penyelesaian. Dengan melibatkan pihak terkait yakni kontraktor dan BPK di Bappeda,” terangnya.

Setiap rekomendasi temuan yang dikeluarkan BPK wajib diselesaikan 60 hari paska rekomendasi diterbitkan. Namun hal tersebut tidak dapat diselesaikan. Sehingga bentuk tindak lanjut yang dilakukan pihak bersangkutan dengan membuat perjanjian, bahwa akan diselesaikan dalam waktu tertentu. “Karena kita pikirkan juga dengan kondisi kontraktor. Karena waktu itu ada pekerjaan lain yang membutuhkan anggaran. Sehingga ada jedah waktu yang kita berikan untuk diselesaikan. Saat ini sudah dalam proses penyelesaikan,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top