Pariwara
Kolaka Utara

Kominfo Kolut Gelar Bimtek Jurnalistik

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
JURNALISTIK : jajaran Dinas Kominfo Kolut dalam Bimtek jurnalistik yang mengundang Pemred Kendari Pos, Arifuddin Mangka sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Komunikasi, Informatika dah Persandian (Kominfo) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggelar bimbingan teknis jurnalistik. Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos, Arifuddin Mangka didaulat memberikan bimbingan langsung pada para staf sejak Sabtu (28/4) hingga Minggu (29/4). Dalam kesempatan tersebut, Arifuddin berpendapat, untuk menjadi seorang penulis, tidaklah harus bergantung dari latar pendidikan. Sebab semua adalah soal bakat dan motivasi. “Jika seseorang yang tidak lulus sarjana mampu menjadi seorang penulis hebat, apalagi yang telah tuntas di bangku perkuliahan. Keinginan dan semangat kuncinya. Belum mampu hari ini, maka besok diulangi lagi. Karena untuk menjadi penulis tidak hanya sekali,” ujarnya.

Arif, sapaan Arifuddin, memberikan tiga materi mulai dari menulis berita di media online, feature serta pengambilan gambar. Bagi Arif, motivasi Kominfo Kolut menggelar kegiatan tersebut dinilai merupakan langkah maju sebagai pusat informasi pemerintahan ke masyarakatnya. Pasalnya, terkadang dalam sebuah kabupaten itu sendiri, website pemerintah bahkan sudah tidak update lagi karena kendala sumber daya manusia.

Padahal, jika bisa bekerja secara maksimal maka akan menjadi sumber utama masyarakat mencari informasi. minggu (29/4), transfer ilmu tentang menulis berita dipraktikkan langsung para peserta pelatihan. Mereka menjadi beberapa kelompok dengan arah peliputan berbeda. Mulai dari Pantai Berova, Pasar Lacaria, Batu Ganda serta Kampung Kuliner.

Usai turun lapangan, mereka kembali ke aula menyusul informasi yang dikumpulkan untuk ditulis menjadi sebuah berita. Sementara itu, Kadis Kominfo Kolut, Buhari Hamid dan Sekertarisnya, Sudirman Alimuddin Page terus mendapingi dan memotivasi stafnya. “Bimbingan teknis jurnalistik yang digelar ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam memaksimalkan pengelolaan dua wadah informasi. “Medianya ada dan tinggal SDM yang kita tingkatkan,” ujarnya.

Mengingat bimbingan jurnalistik tersebut melibatkan seluruh unsur pegawai, Buhari berharap seluruhnya mampu mengadopsi ilmu jurnalistik. Paling tidak, bisa berperan sebagai penyuplai informasi yang diupdate ke website Pemkab Kolut.(b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top