Space Iklan
Pariwara
Konawe Selatan

Pelaku Usaha di Konsel Dilatih Manajemen Cetak Batu Merah

KAMALUDDIN/KENDARI POS
MANAJEMEN : Pelatihan manajemen usaha mikro bagi kelompok pengelola batu merah di Konawe Selatan, jumat (27/4)

KENDARIPOS.CO.ID — Pelatihan manajemen dan permodalan bagi pelaku usaha batu merah digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan bagi kelompok usaha tersebut dalam rangka meningkatkan sumber daya agar memacu pertumbuhan lapangan kerja khususnya pelaku usaha mikro seperti batu merah yang ada di daerah tersebut.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang, mengungkapkan, kegiatan itu sejalan dengan undang-undang nomor 20 tahun 2018 tentang UKM dan Perpres 98 tahun 2014 tentang perizinan untuk usaha mikro dan kecil. “Sehingga sebagai respon dan perhatian, Pemkab Konsel telah menindaklanjuti peraturan tersebut. Seperti halnya pelatihan permodalan usaha batu merah saat ini,” ungkap Sjarif Sajang, Jumat (27/4).

Dalam melakukan usaha khususnya percetakan batu merah, lanjut mantan Kadishub Kota Kendari itu, pelaku harus mengetahui beberapa hal terkait pengelolaan, baik dari segi izin dan legalitas maupun permodalan. Dengan demikian bisa mencapai hasil maksimal.
“Satu saya pesan, khususnya pelaku usaha batu merah di Konsel, yakni pengelolaan lingkungan, agar tidak menyebabkan banjir, air mengapung dan menjadi wabah penyakit. Jadi saya mohon dalam pengelolaan batu merah ini harus berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH). Meskipun dalam aturan itu bahwa, dibawah tiga hektare, Amdal tak berlaku. Tapi bagaimana caranya menghindari terjadinya kubangan dan genangan-genangan yang dapat menimbulkan bencana maupun sarang nyamuk,” imbaunya di hadapan sejumlah pelaku usaha mikro yang hadir dalam pelatihan, jumat (27/4).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konsel, Djusachri yang usai ditemui disela-sela kegiatan menjelaskan, pelatihan dilakukan untuk mendorong pelaku usaha mikro dan kecil guna menciptakan kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan. “Disamping itu, memberikan perlindungan bagi pelaku usaha mikro yang ada. Sehingga Pemkab melalui Dinas Koperasi bisa memberikan pelatihan. Karena kita sadari bahwa usaha mikro di Konsel saat ini belum menunjukan kemajuan signifikan. Termasuk kendala dana. Sehingga lewat kesempatan ini Pemkab bisa memediasi untuk bisa memberikan modal dan teori pengelolaan usaha kecil seperti ini,” katanya.

Djusachri berharap sejumlah pelaku UMKM bisa mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. “Saya berharap ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Supaya setelah pelatihan ini, pelaku usaha sudah punya bekal,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top