Pariwara
Kesehatan

Ini Pendapat Ahli Gizi Mengenai Anak-anak Makan Mie Saat Sarapan

Mie Instant

KENDARIPOS.CO.ID — Meniru budaya masyarakat Tiongkok dan Jepang yang menjadikan mie sebagai makanan utama boleh-boleh saja. Tetapi, pertanyaannya, apakah mie bisa dijadikan menu sarapan untuk anak atau sehatkan menyajikan mie sebagai menu sarapan?

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia, Hardinsyah mengatakan ternyata sarapan dengan mie tidak dilarang. Termasuk, untuk anak-anak. Hanya saja, dengan beberapa syarat. Salah satunya, harus diimbangi dengan asupan sayu dan buah.

“Sarapan paling baik mengandung karbo, protein, sayur dan buah. Anak-anak dididik jika makan mie boleh saat sarapan, asalkan harus dilengkapi protein (misalnya telur atau ikan) dan sayur misalnya sawi (sumber serat),” kata Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof Dr Hardinsyah MS saat melakukan edukasi sarapan sehat di SDN Sukamaju, Jumat (27/4).

Menurutnya, sarapan wajib bagi anak. Sebab, tanpa sarapan, konsentrasi dan fokus anak dalam belajar akan berkurang. “Tips pintar makan mie adalah dikonsumsi tidak berlebihan, dan dilengkapi dengan zat gizi lain,” ujarnya.

Lalu apakah menu sarapan semua orang sama? Hardinsyah menjawab hal itu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap individu. Untuk orang gemuk misalnya, butuh sarapan yang lebih banyak serat. Jika sarapan dengan mie, maka perbanyak sayur sebagai sumber serat. “Fungsi serat memperlambat meningkatnya gula darah sehingga tidak terjadi lonjakan. Semakin banyak serat memperlambat penyerapan gula,” jelasnya.

(ika/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top