Pariwara
Konawe

Segera Benahi Jalan Latoma di Konawe!

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jalan utama yang menghubungkan antara Unaaha dan Latoma tak kunjung dibenahi. Kelompok persatuan masyarakat Kecamatan Latoma mulai tak sabar dan menuntut pemerintah segera melakukan perbaikan. Kamis (26/4), warga mendatangi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konawe untuk meminta komitmen pejabat di instansi teknis tersebut.

Kondisi jalan yang rusak parah, ditambah dengan kubangan lumpur ketika hujan, memang sungguh menyiksa warga. Korlap Masyarakat Latoma, Sainul, mengatakan, mereka hanya ingin jalan di wilayahnya segera dibenahi, karena sangat memprihatikan dan menyiksa masyarakat, khususnya orang tua. Mereka mengaku sangat senang ketika mendengar jalan itu akan diperbaiki, namun hingga kini belum terealisasi dan hanya janji.

“Kami apresiasi pemerintah telah menganggarkan perbaikan jalan, tapi kami ingin supaya disegerakan, karena anggaran sudah ada. Sebab masyarakat kecamatan Latoma, hanya sekali perjalanan bisa menghabiskan ongkos Rp 100 ribu, dan yang punya mobil baru dua tahun beli, sudah tidak bisa dipakai ke kota. Itu karena kondisi jalan yang rusak. Sedangkan masyarakat desa yang mencari nafkah, selalu bolak balik seminggu tiga kali, dengan estimasi anggaran Rp 300 ribu perminggu,” katanya memberikan gambaran, kamis (26/4).

Untuk menyebarang melalui Kolaka Timur, pelintas jalan juga dibebankan minimal Rp 20 ribu, hanya untuk menghindari jalan rusak Latoma Unaaha. Untuk itu, mereka meminta program pembenahan jalan harus direalisasikan secepatnya, tanpa ada isu pengalihan atau penundaan.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Bina Marga, Yaser, menjelaskan, pemerintah telah menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk pembenahan jalan di Latoma dan akan segera direalisasikan secepatnya. Ia berjanji, awal Mei mulai dilakukan pembenahan. “Untuk perbaikan jalan di Latoma, kami telah survei dan koordinasi. Setelah itu sudah diintruksikan untuk realisasi. Namun menjadi kendala adalah kondisi keuangan daerah. Tapi kami upayakan awal bulan depan sudah terlaksana,” janjinya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top