Pariwara
Muna

Rusman Genjot Penataan Kota Raha

Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Ada yang berbeda pada wajah Kota Raha dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Masyarakat kini punya banyak pilihan menghabiskan waktu senja. Terutama bagi muda-mudi, pilihan latar untuk berswafoto makin beragam. Taufik Hanafing misalnya, sejak dirinya menuntaskan kuliah di Semarang dan pulang ke Muna pada akhir 2017 lalu, diakuinya banyak perubahan di Raha.

Warga Kelurahan Raha I, Katobu itu memberi apresiasi pada penataan ruang terbuka hijau. “Memang ciri kemajuan kota itu salah satunya dari ruang terbukanya. Masyarakat harus diberi hak pada ruang publik. Bupati sudah melakukan hal tepat,” ujarnya saat ditemui di taman tugu Raha, kamis (26/4).

Hal yang dirasakan Taufik adalah buah kerja keras pemimpin Bumi Sowite ini. Kiprah Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam membangun otoritanya patut mendapat apresiasi. Belum genap dua tahun dilantik, sejumlah janji politiknya perlahan ditunaikan satu per satu. Derap pembangunan kini terus berlanjut di Muna. Perlahan tapi pasti, kemajuan yang dijanjikkan Rusman mulai nampak. Paling mencolok adalah perubahan wajah ibu kota.

Sejak dilantik 2 September 2016 lalu, tandem Malik Ditu itu langsung bergerak menata Raha. Sejumlah ruang terbuka hijau dipoles. Catatan Kendari Pos Rusman sudah menata enam ruang publik yakni taman tugu Raha, joging park, tugu pesawat, taman pelabuhan nusantara, komplek rumah adat dan taman masjid Al Munajat Raha. Wajah ibu kota pun kini hadir dengan ruang publik yang nyaman dikunjungi.

Rusman Emba mengungkapkan, wajah ibu kota adalah reprentasi dari peradaban Muna. Olehnya itu, penataan sejumlah ruang publik menjadi upaya memberi kenyamanan pada masyarakat, baik lokal maupun wisatawan yang berkunjung. “Penataan kota ini merupakan janji politik saya yang harus ditunaikan,” ujarnya, kamis (26/4).

Mantan Ketua DPRD Sultra ini mengaku memiliki visi besar menjadikan Muna sebagai destinasi wisata unggulan di Sultra. Untuk itu, menyulap ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan merupakan langkah menjadi tuan rumah yang baik terhadap wisatawan. “Sudah puluhan miliar kita gelontorkan untuk memoles wajah Kota Raha supaya lebih keren,” ujarnya.

Tahun 2018 ini, geliat menata Kota Raha masih akan diteruskan Rusman. Baginya, amanah menjadi orang nomor satu di daerah itu harus dijawab dengan karya pembangunan yang bisa dinikmati secara langsung masyarakat. Mewujudkan visi itu, Rusman kini berupaya menggaet peran swasta. “Kami sudah komunikasi dengan beberapa pengusaha dalam rangka menjajaki kerja sama mengembangkan ruang publik di Raha. Salah satunya di kawasan kantor bupati lama yang akan dibuat kawasan tongkrongan. Disana nanti bisa sambil ngopi sambil menikmati indahnya kota,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top