Pariwara
Konawe

Stok Beras di Konawe Dijamin Aman Hingga Lebaran

Andi Nurhyati

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang bulan ramadan, masyarakat berbondong-bondong mengamankan stok bahan pangan untuk dapat dikonsumsi saat hari raya nanti. Namun langkah tersebut tak perlu dilakukan. Sebab Perum Bulog, khususnya wilayah Unaaha yang menangani ketersediaan beras di Konawe, telah memastikan stok beras cukup selama enam bulan kedepan.

Kepala Sub Divre Perum Bulog Unaaha, Andi Nurhyati, mengungkapkan, pihaknya telah memghitung stok untuk menghadapi lebaran nanti, dan dipastikan akan tetap cukup. Mereka mengklaim tak akan ada kelangkaan pangan. Untuk mengantisipasi apabila ada pedagang nakal yang menimbum bahan pangan, maka pihaknya segera melakukan operasi pasar. “Tenang saja, karena stok kita masih cukup, termasuk saat ramadan hingga lebaran,” ungkapnya, Rabu (25/4).

Namun menurut dia, beberapa waktu lalu stok beras di Konawe sempat menipis yakni bulan Maret, hanya tersisa 296 ton beras. Beruntung Bulog bergerak cepat, dengan melakukan penambahan sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi bencana yang membutuhkan stok beras cukup besar. “Ketika stok beras mulai menipis, kami akan langsung menambah pasokan. Agar kita siap dalam kondisi apapun, termasuk saat ada bencana,” ujarnya.

Menurut A. Nurhayati, semua itu dilakukan karena mereka berkewajiban menjaga kebutuhan beras di Konawe. Selain itu, Bulog Unaaha juga memiliki tanggung jawab memenuhi kebutuhan beras di Kota Baubau dan Kabupaten Muna. Dalam memenuhi ketersediaan beras itu, pihaknya mengandalkan petani lokal dengan kualitas beras baik. Bulog menolak pasokan dari luar apabila stok masih bisa dipenuhi petani lokal.

“Kalau stok beras di Konawe masih aman, kami menolak jika ada pasokan beras yang masuk dari Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Kita tidak mau ada beras dari Sidrap (Sidenreng Rappang) masuk, karena itu juga dapat mengganggu harga di pasaran di sini,” tandasnya.(b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top