Pariwara
Buton Utara

Rp 450 Juta Bedah 30 RTLH Butur

Armin

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah tak layak huni masyarakat di Kabupaten Buton Utara (Butur) masih cukup banyak. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman telah melakukan pendataan. Jumlahnya berkisar empat ribuan tersebar pada semua kecamatan. Berbagai upaya telah dilakukan organisasi perangkat daerah untuk meningkatkan kediaman warga agar layak huni dan nyaman ditinggali.

Salah satunya, mengusulkan permohonan bantuan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tahun ini, Pemkab Butur mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk merenovasi 186 RTLH. Selain itu, Pemkab juga memporsikan dana bedah rumah melalui alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

“Kami tak hanya mengharapkan bantuan pemerintah pusat. Program bedah rumah juga dianggarkan dalam APBD tahun ini sebesar Rp 450 juta untuk merenovasi 30 rumah tak layak huni,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Buton Utara, Armin saat ditemui di ruang kerjanya, rabu (25/4). Mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Butur ini mengungkapkan, alokasi bantuan RTLH dibagi secara merata pada tiap kecamatan. “Di Buton Utara terdapat enam kecamatan. Pembagiannya, satu kecamatan mendapat jatah lima unit RTLH untuk dibedah. Syaratnya, masyarakat berpenghasilan rendah dan rumah yang didiami tak layak untuk tinggali,” tambahnya.

Armin mengungkapkan, agar bantuan RTLH tepat sasaran, pihaknya tetap berkoordinasi dengan camat, lurah dan kepala desa. Jajarannya, tetap akan meninjau atau menverifikasi langsung kondisi rumah yang bakal dibedah. “Rp 15 juta untuk membenahi satu RTLH. Pembiayaannya untuk membenahi atap, papan dan lantai rumah. Anggaran sebesar itu sudah termasuk ongkos tukang sebesar Rp 2,5 juta. Sebab, tidak mungkin dikerja sendiri pemilik rumah,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top