Pariwara
Bombana

PT REI Diduga tak Miliki IMB di Bombana

Pajawa Tarika

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran PT Rohul Energy Indonesia (REI) di Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, mulai disoroti. Perusahaan tersebut diduga melanggar peraturan daerah (Perda) nomor 13 tahun 2013 tentang izin mendirikan bangunan. Diketahui, PT REI yang memiliki bangunan fisik namun belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bombana, Pajawa Tarika, membenarkan hal itu. Sebab hingga kini, manajemen PT REI belum pernah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana melalui DPM-PTSP. Seharusnya, perusahaan apapun yang melakukan aktivitas tambang di Bombana harus melapor ke DPM-PTSP.

“Pasti kalau melakukan aktivitas, ada bangunan fisik yang mereka bangun. Itu harus dilaporkan. Karena sesuai aturan, setiap bangunan harus memiliki IMB dan membayar retribusinya,” papar Pajawa Tarika. Pelanggaran PT REI yang tak patuh terhadap Perda di Bombana tersebut diketahuinya dari salah satu Kepala Seksi di Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Bombana. Saat itu, yang bersangkutan melakukan pengecekan lapangan dan menemukan beberapa bangunan permanen berada di lokasi PT REI.

“Saya yakin bangunan itu tidak ada IMB. Karena hingga saat ini PT REI belum melakukan koordinasi dengan kami. Seharunya kalau mereka taat aturan dan mau bekerja tanpa melanggar, ya harus melapor. Kami akan melakukan pengecekan langsung. Jika benar, ada sanksi sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Untuk diketahui PT REI adalah perusahaan yang bergerak dalam pertambangan nikel di Wonua Bombana. Anggota DPRD setempat juga sudah menyoroti aktivitas perusahaan terkait pembayaran kompensasi yang tidak merata pada warga di wilayah penerima dampak. Sorotan lain juga datang dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang tak kooperatifnya PT REI melaporkan jumlah tenaga kerja. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top