Pariwara
Konawe Utara

365 Hektare Lahan di Konut Disiapkan untuk PLTS

Raup

KENDARIPOS.CO.ID — Konawe Utara (Konut) menjadi salah satu kabupaten yang dilirik oleh Jerman untuk rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Perwakilan dari negara tersebut telah melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan PLTS dan melakukan pengambilan titik koordinat.

Wakil Bupati Konut, Raup, mengapresiasi kehadiran investor asal Jerman untuk menanamkan modal di otoritanya, apalagi dibidang kelistrikan. Namun Pemkab Konut tak serta merta menerima investor tersebut tanpa konsep jelas. “Kami santai saja menanggapi adanya investor itu. Kami juga harus diyakinkan. Karena banyak investor datang presentasi, tapi progresnya nihil. Tapi kami tidak menutup ruang untuk investor,” ujar Wabup Konut, Raup, Kamis (25/4).

Ketua DPD PAN Konut tersebut menambahkan, Pemkab memberikan ruang bagi investor yang akan menanamkan modalnya bahkan memberi kemudahan. “Kita harapkan jangan hanya meninjau lokasinya saja. Tapi harus ada aksi nyata di lapangan,”ujarnya. Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Konut, Basruddin, menuturkan, ia bersama Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, Martaya K. Supardi telah mendampingi investor melakukan pengambilan titik koordinat.

“Lahan yang ditinjau untuk rencana PLTS seluas 365 hektare dengan kapasitas 180 megawatt. Lokasi itu terletak di Desa Lamondowo, Kecamatan Andowia. Ini sangat menggembirakan bagi Pemkab Konut, karena untuk wilayah Sultra hanya Konut yang berpeluang mendapatkan PLTS. Lahannya telah siap,” ujar Kepala BLH Konut, Basrudin, rabu (25/4).

Terkait kapan pembangunan PLTS dimulai, Basrudin tak dapat memastikan. Masalah perizinan dan kelengkapan dokumen masih harus diurus oleh investor untuk memuluskan pembangunan PLTS itu. “Lokasinya sudah ditinjau. Sekarang diproses dulu perizinannya. Termasuk daya dukung dari Pemkab Konut,” ujarnya. Basruddin menguraikan, kapasitas 180 MW untuk rencana pembangunan PLTS bisa dimanfaatkan bagi masyarakat Konut secara keseluruhan. Bahkan listriknya bisa disuplai ke pabrik nikel yang ada di Sultra. Karena daya tampung PLTS tersebut sangatlah besar. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top