Pariwara
Kesehatan

Ternyata, Ini Penyebab Gusi Berdarah

KENDARIPOS.CO.ID — Pada umumnya, setiap orang menggosok gigi setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sehari. Ada juga yang menggunakan benang flossing dengan alasan kebersihan maksimal. Namun terkadang aktifitas ini memicu pendarahan pada gusi jika dilakukan terlalu kasar. Kendati demikian, kebanyakan orang biasanya menyepelekan hal ini. 

“Gusi berdarah bukanlah hal yang normal,” kata dokter spesialis gigi Sally Cram, D.D.S. seperti dikutip dari WomensHealthMag.com.

Dr. Cram menjelaskan bahwa kondisi ini adalah ciri-ciri dari penyakit radang gusi atau gingivitis yang dapat disebabkan oleh penumpukan bakteri dan plak pada gigi. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan melemahnya akar gigi Anda. 

Menggosok gigi secara agresif ternyata bukan hanya penyebabnya, adapun penyebab lainnya seperti: 

1. Anda tidak membersihkan gigi dengan baik

Hanya butuh 24 jam bagi bakteri untuk menyebabkan inflamasi pada gusi. Ini dapat disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal di gigi. Sikat atau floss gigi Anda perlahan dan pastikan tidak ada sisa makanan yang menginap, ujar Cram. 

2. Hormon anda sedang tidak stabil

Ketika hormon berfluktuasi (akibat pubertas, kehamilan, menstruasi atau menopause), gusi dapat menjadi terlalu sensitf terhadap plak dan memicu gusi berdarah. 

3. Anda stress, kurang tidur atau makan sembarangan

Ketiga kondisi ini juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Memperhatikan makanan, kata Dr. Cram, seperti mengkonsumsi makanan kaya protein, sayuran, vitamin C dan D dapat mendorong kesehatan gusi, selain menambahkan konsumsi multivitamin. 

4. Akibat konsumsi obat-obatan tertentu 

Beberapa obat resep, seperti antidepresan dan obat darah tinggi dapat memicu kondisi mulut kering. Kekurangan air liur ini membuat bakteri lebih leluasa untuk berkembang biak. Gusi merah, bengkak dan berdarah adalah hasil dari investasi bakteri di mulut Anda. Kunjungi dokter jika ini terjadi pada Anda.

5. Ada masalah serius 

Jika gusi Anda berdarah (setiap menyikat gigi) lebih dari beberapa minggu, segera periksakan gigi Anda. Penyakit seperti diabetes, leukemia dan HIV dapat menyebabkan kondisi ini. 

(ruf/fajar)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729