Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Ajak Swasta Kelola Aset Daerah

H. Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau membuka peluang pada pihak swasta untuk bisa masuk dan melakukan pengelolaan beberapa aset daerah. Hal itu dilakukan, karena peran swasta itu dianggap bisa lebih efektif dalam merawat sekaligus memajukan tiap aset. Hanya saja, dalam realisasinya, Pemkot memberikan syarat tertentu yang harus dipenuhi. Pihak swasta harus bisa memberikan nilai tawaran lebih terhadap pemasukan daerah. Dalam artian, setoran untuk pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh dari pengelolaan pihak swasta harus lebih tinggi dibanding hasil Pemkot selama ini.

“Kalau ada pengusaha siap memberikan pendapatan jauh lebih tinggi dari yang kita setor ke daerah maka bisa saja (dikelola swasta). Semua itu ada ketentuanya yang diatur dalam Permendagri nomor 19 tahun 2016 tetang pedoman pengelolaan barang milik daerah,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina, selasa (24/4).

Beberapa aset Pemkot yang dimaksud Hado bisa dipihakketigakan seperti pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wameo, Pelabuhan dan lainnya. Hanya saja, semua itu akan terjadi jika pihak ketiga siap dan mampu menjalani komitmen dimaksud. Sehingga semua bisa mendatangkan peningkatan PAD bagi daerah. “Jadi pengelolaan (aset daerah) oleh pihak swasta tergantung tawarannya. Karena nantinya kita akan lelang,” terang Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra itu. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top