Pariwara
Kolaka

Elpiji 3 Kg Hingga Rp 35 Ribu di Kolaka

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kolaka kini harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan tabung elpiji 3 kilogram (Kg). Pasalnya, harga tabung gas bersubsidi itu kini melonjak hingga 60 persen. Tak hanya mahal, untuk mendapatkan tabung melon tersebut kini semakin sulit. Di tingkat pengecer saja, sulit diperoleh konsumen.

“Biasanya saya jual hanya Rp 25 ribu. Ini terpaksa saya jual Rp 35 ribu karena tabung elpiji 3 Kg ini langka. Jadi sulit didapatkan. Saya juga beli lebih mahal dari biasanya. Kalau kita mau beli juga di pangkalan dibatasi. Hanya boleh beli satu saja dan itupun harus pakai KTP,” keluh Tati, pengecer di Kelurahan Dawidawi, Kecamatan Pomalaa, Selasa (24/4).

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Bahan Pokok Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Sauda, masih membantah jika elpiji 3 kg dikatakan langka. Sebab klaimnya, pendistribusian tabung bersubsidi tersebut lancar dilakukan oleh pihak Pertamina. “Kami tidak percaya kalau tabung elpiji 3 Kg ini langka. Karena, distribusi tabung tersebut oleh Pertamina ke agen itu setiap harinya sekitar 2.500. Jadi ini sebenarnya tidak langka, hanya ada oknum yang mainkan harga,” argumennya.

Sauda menambahkan, kondisi kelangkaan tabung gas elpiji 3 seperti ini sudah sering terjadi setiap tahun. Hanya saja, pihaknya tidak dapat melakukan penindakan. Memang setiap jelang ramadan, tabung elpiji 3 Kg selalu langka. “Ini setiap tahun begini. Kami tidak bisa menindak pangkalan atau agen yang nakal karena itu bukan kewenangan kami. Yang berhak memberikan sanksi itu Pertamina ataupun Satgas dari kepolisian,” ujarnya. (b/fad)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top