Pariwara
Konawe

Anggaran DLH Konawe Minim, Truk Sampah tak Beroperasi

Asrul Banipal

KENDARIPOS.CO.ID — Akibat minimnya anggaran, lima unit truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe, tak beroperasi. Dari sembilan kendaraan yang tersedia, hanya empat yang bisa mobile, sedangkan sisanya disimpan diberbagai tempat, karena tak bisa digunakan. Makanya, sejak Januari 2018 lalu, telah tampak sampah bertebaran di bahu jalan poros daerah peraih Adipura tersebut.

Kepala DLH Konawe, Asrul Banipal, berargumen, masalahnya masih seputar anggaran. Pasalnya, dana operasional yang diberikan untuk membeli bahan bakar truk pengangkut sampah, tak mencukupi, sehingga masih banyak limbah menumpuk dan tak terurus. “Padahal, kita sudah paksa empat truk ini terus beroperasi, bahkan ada yang dua kali sehari keliling Konawe,” ujarnya, selasa (24/4).

Maret lalu pemerintah kabupaten (Pemkab) langsung mencairkan anggaran Rp 250 juta untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Namun hal itu ternyata tidak cukup untuk biaya perawatan kendaraan operasional, sehingga banyak yang tak bisa digunakan. “Anggaran itu dibagi merata ke seluruh bidang di DLH. Tidak mungkin juga tak diberikan, karena semua bidang punya program yang harus mereka jalankan, dan sisanya hanya mampu menutupi hutang kita yang tiga bulan pertama. Sekarang kita berhutang lagi untuk operasional,” keluhnya.

Untuk saat ini pihaknya menggunakan dana pinjaman untuk mengoperasikan beberapa truk sampah. “Iya, istilahnya kita gali lubang tutup lubang. Ada anggaran yang diberikan, kita hanya bisa pakai lunasi hutang lama, dan kita pinjam lagi. Jadi, hanya empat truk yang masih beroperasi, sisanya disimpan saja,” pungkas Asrul. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top