Pariwara
Konawe

Ratusan Guru PAUD di Konawe Belum Sejahtera

Suryadi

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk mensejahterakan seluruh guru masih belum tercapai seutuhnya. Sebanyak 500 guru non PNS Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merasa masih belum sejahtera meski sudah mengabdi bertahun-tahun.

Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suryadi menyebutkan, ada 232 lembaga PAUD di bawah pembinaan Dikbud setempat. Jumlah guru PAUD hampir menembus angka seribu, rinciannya sekira 700-an guru tidak tetap (GTT), 200-an guru Suryadi berstatus PNS.

Sementara itu, GTT PAUD yang terakomodir ke dalam program guru honor daerah (Honda) tak sampai 20 persen. “Guru PAUD kita hampir seribu, dan yang GTT itu sekitar 80 persen. Sedangkan yang terakomodir di program guru Honda tak sampai 20 persen, padahal disitu harapan besar mereka, sebab honor guru PAUD hanya diambilkan dari Bantuan Operasional Paud (BOP), yang cair setahun sekali,” terangnya.

Kalau ada lembaga PAUD yang besar, hanya mampu memberikan upah gaji sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu perbulan, atau beberapa ratus ribu persemester. Menurut dia, upah itu belum bisa mensejahterakan guru PAUD di Konawe. “Sebenarnya, program Guru Honda adalah peluang mereka untuk sejahtera, tapi persyaratan guru Honda harus sarjana, sedangkan 80 persen guru PAUD hanya tamatan SMA,” bebernya.

Dia berharap, pemerintah dapat memprioritaskan kesejahteraan guru PAUD, utamanya yang telah mengabdi sekian tahun. “Kami sudah minta supaya kalau ada penerimaan guru Honda lagi, mereka bisa mengakomodir minimal 30 persen guru PAUD tamatan SMA, karena yang tamatan SMA ini mayoritas telah mengabdi bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai 13 tahun,” pungkasnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top