Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Siapkan Rp 10 M Bantuan Bencana

Armin

KENDARIPOS.CO.ID — Bencana alam menjadi sebuah kejadian yang sulit diprediksi. Meski tak ada yang menginginkannya, namun hal itu bisa terjadi dan menimpa siapapun. Entah itu bencana tanah longsor, banjir, kebakaran, puting beliung dan lainnya. Makanya, dalam postur APBN maupun APBD, pemerintah selalu mengalokasikan anggaran untuk persiapan membantu korban yang tertimpa bencana.

Untuk di Kota Baubau, pemerintah setempat juga telah menyiapkan anggaran persiapan membantu korban bencana. Semua masuk dalam pembahasan APBD 2018 yang melekat dan dikelola langsung Sekretariat Kota (Setkot) Baubau. Semua dipersiapkan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana. “Tahun ini, anggaran untuk bantuan korban bencana sudah kita siapkan. Tetapi semua itu termasuk dalam pengalokasian dana yang kita sebut anggaran tak terduga. Totalnya sebesar Rp 10 miliar. Kita siapkan untuk mengakomodir segala kejadian tak terduga, termasuk di dalamnya bencana. Jadi sifatnya adalah dana gelondongan,” kata Asisten III Setkot Baubau, Armin saat ditemui, minggu (22/4).

Karena anggaran tersebut gelondongan atau disiapkan untuk membiaya banyak kegiatan, maka penggunaan dana dalam membantu korban bencana dilakukan secara proporsional. Proses pemberian bantuan dilakukan berdasarkan peristiwa yang benar-benar terjadi. Serta layak untuk mendapatkan bantuan. “Makanya pemberian bantuan dilakukan setelah ada kejadian. Kemudian korban bencana mengajukan proposal permohonan bantuan terlebih dulu. Setelah itu, tim identifikasi akan bekerja. Bantuan akan ada dua atau tiga hari. Semua tergantung dari tim identifikasi. Kalau segala administrasi sudah lengkap maka langsung dimasukkan ke Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) untuk diproses,” kata mantan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Baubau itu.

Armin, menambahkan, meski mata anggaran sudah disiapkan, namun dalam realisasinya pemerintah lebih pada pemberian bahan sembilan bahan pokok dan obat-obatan. “Ada juga kita berikan dalam bentuk uang tunai. Ini khusus mengganti kerugian yang diakibatkan karena bencana,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729