Pariwara
Bombana

Awal Mei, Tondasi-Sikeli-Bira Beroperasi di Mubar dan Bombana

PEMKAB MUBAR FOR KENDARI POS
PENYEBERANGAN : Penandatanganan nota kesepahaman antara pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui pimpinannya, Ira Puspa Dewa (ketiga dari kiri) dengan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada (kedua dari kiri) dan Bupati Bombana, Tafdil (Keempat dari kiri).

KENDARIPOS.CO.ID — Proses komunikasi dan perjuangan panjang yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) ke pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero), membuahkan hasil. Dipastikan, pada awal bulan Mei nanti, kapal penyeberangan milik badan usaha milik negara tersebut sudah dapat beroperasi di Muna Barat. Rute pelayarannya adalah Bira Makassar- Sikeli Bombana dan Tondasi Muna Barat.

Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada dan Bupati Bombana, Tafdil bersama direksi ASDP telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta, pekan lalu. Asisten I Setkab Mubar, Takari Abdulah mengatakan, acara penandatanganan MoU antara PT ASDP Indonesia Ferry yang dipimpin langsung Direktur Utama, Ira Puspa Dewi.

“MoU sudah selesai. Kami tinggal menunggu izin operasional dari pemerintah pusat. Setelah itu kita sudah bisa pastikan sebelum puasa dapat beroperasi, “kata Takari, minggu (22/4). Dia meyakini, dengan terbukanya akses jalur penyeberangan laut, pertumbuhan ekonomi di Muna Barat akan semakin pesat. Apalagi Muna Barat juga sudah memiliki Bandara Sugimanuru yang menghubungkan Kusambi-Makassar.

Jadi akses ekonomi dari dua jalur ini, akan membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat Muna Barat untuk meningkatkan produktivitas ekonomi. “Saya yakin setelah beroperasinya penyeberangan Tondasi, perekonomian di Muna Barat semakin meningkat. Sebagaimana harapan Bupati, LM Rajiun Tumada dalam visi misinya bahwa, peningkatan ekonomi rakyat lebih diutamakan. Inilah janji bupati selain infrastruktur juga pembangunan ekonomi rakyat,” katanya. Terungkap, KMP Botoharu yang akan melayani rute penyeberangan tersebut memiliki kapasitas penumpang 600 orang dan dapat memuat 90 unit kendaraan. (c/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top