Pariwara
Buton

12 Desa di Buton Direkomendasi Terima ADD dan DD

KENDARIPOS.CO.ID — Dari 83 desa yang ada di Kabupaten Buton, baru 12 wilayah yang menyelesaikan laporan APBDes. Makanya, hanya 12 desa tersebut yang direkomendasikan lebih awal menerima dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap satu tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Buton, La Madi mengatakan, anggaran DD dan ADD sudah berada di rekening Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan tinggal ditransfer ke masing-masing desa. “Sudah kami rekomendasikan ke keuangan dan minta BPKAD segera mencairkan DD 12 desa yang sudah memiliki rekomendasi,” ujarnya.

Sementara rekomendasi terhadap 71 desa belum dikeluarkan untuk menerima DD dan ADD tahap I tahun 2018 ini. “Bagi desa yang terlambat mengajukan APBDes sebagai syarat utama dalam pencairan, maka anggaran untuk ADD dan DD akan dianggap hangus. Itu sesuai aturan. Kami mengimbau kepada sekuruh kepala desa yang belum merampungkan pengajuan ADD dan DD segera menyelesaikan sebelum batas akhir. Berdasarkan kesepakatan kami dengan pihak desa, minggu depan sudah harus diselesaikan APBDes,” ungkapnya.

La Madi mengakui, keterlambatan desa dalam pengajuan APBDes tersebut terjadi karena kurang maksimalnya sumber daya manusia (SDM) di tingkat bawah, sehingga tak bisa berjalan sesuai dengan ketentuan. “SDM di tingkat desa masih belum maksimal, sehingga sering terjadi keterlambatan,” ucapnya. Pihaknya akan terus memberikan bimbingan pada setiap kepala desa agar kedepan, ADD dan DD bisa terserap 100 persen. Hal itu dilakukan, karena anggaran pemerintah pusat tersebut bertujuan untuk meningkatkan masyarakat desa. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top