Pariwara
Kesehatan

Sehatkan Jantung dan Cegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Jamur

KENDARIPOS.CO.ID — Shiitake adalah salah satu jamur yang paling populer di dunia. Selain rasanya yang nikmat, jamur shiitake juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Shiitake sendiri adalah jenis jamur yang dapat dimakan dan diketahui berasal dari Timur Asia. Memiliki warnanya yang kecoklatan, jamur ini tumbuh sekitar 5 hingga 10 cm. 

Meski kerap dianggap sebagai jenis sayuran, shiitake adalah jenis fungus yang tumbuh pada pohon jenis hardwood yang mulai membusuk. Tumbuh 83 persen subur di Jepang, Shiitake juga diproduksi oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Singapura serta China dan dijual dalam bentuk basah, kering atau juga suplemen. 

Lalu bagaimana dengan kandungan gizi yang ditawarkan Jamur ini? Selain rendah kalori, shiitake juga menawarkan jumlah serat yang diperlukan tubuh, selain juga vitamin B dan beberapa mineral lain. 

Berikut kandungan yang dimiliki oleh jamur shiitake (4 buah) kering:

Kalori: 44

Karbohidrat: 11 gram

Serat: 2 gram

Protein: 1 gram

Riboflavin: 11% dari åRDI

Niacin: 11% dari RDI

Tembaga: 39% dari RDI

Vitamin B5: 33% dari RDI

Selenium: 10% dari RDI

Mangan: 9% dari RDI

Zinc: 8% dari RDI

Vitamin B6: 7% dari RDI

Folat: 6% dari RDI

Vitamin D: 6% dari RDI

*RDI = Asupan gizi yang dianjurkan

APA MANFAATNYA?

Menurut Authority Nutrition, shiitake juga mengandung kadar asam amino yang sama dengan daging, belum lagi kandungan polysaccharides, terpenoid, sterol dan lipid. Dengan dengan rutin mengkonsumsi shiitake, dapat membantu tubuh mendorong sistem kekebalan, menurunkan kolesterol, yang artinya baik untuk jantung yang sehat, serta menurunkan resiko terbentuknya sel kanker.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top