Pariwara
Buton

Dinsos Buton Validasi Data Warga Miskin

Yogi Gustamin

KENDARIPOS.CO.ID — Pendataan ulang terhadap warga miskin di Kabupaten Buton tahun ini sedang dilakukan pihak Dinas Sosial bersama pemerintah kecamatan dan desa. Data tersebut akan diverifikasi dan validasi. Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Sosial pada Dinsos Buton, Yogi Gustamin, mengatakan, pendataan ulang bertujuan untuk mengetahui jumlah terakhir keluarga miskin yang ada. Sehingga bantuan yang diturunkan dari pusat, bisa tepat sasaran. Sampai saat ini, baru 12 desa yang didata dari 95 wilayah.

“Sebagian di kecamatan Pasarwajo dan Lasalimu Selatan. Sedangkan 27 desa masih daftar antre,” kata Yogi, kamis (19/4). Ia menjelaskan, untuk tahap awal, pihaknya menggunakan data dari pemerintah desa dan kelurahan. “Data yang masuk, tidak serta merta kita terima. Untuk memastikan semuanya, kami turun langsung validasi di lapangan,” ulangnya.

Yogi mengaku, untuk menentukan warga miskin, mereka menggunakan 44 variabel pertanyaan. Itu sesuai instruksi langsung pihak Kementerian Sosial (Kemensos). Setelah dilakukan penginputan, dimasukkan ke data offline dan dikirim ke aplikasi Dinsos. Kemudian, setelah di verifikasi (data yang sudah ada) dikirim secara online ke Kemensos RI melalui Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG).

Diakuinya, pendataan belum sepenuhnya bisa menyentuh seluruh desa dan kelurahan karena keterbatasan anggaran. “Karena terkendala di dana, sehingga semampunya saja dilakukan pendataan. Kalau memungkinkan ada anggaran lagi, kita akan jalan,” jelasnya. Untuk diketahui, saat ini bantuan dari Pemerintah Pusat yang diserahkan selama ini pada warga miskin masih menggunakan data base rerpadu (DBT) tahun 2015. Sementara itu, berdasarkan data tersebut jumlah penduduk miskin di Buton sampai tahun 2017 lalu mencapai 73.262 jiwa atau sekitar 16.170 kepala keluarga. (b/mel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top