Pariwara
Muna Barat

Usulan DAK Mubar Capai Rp 1,8 T

Achmad Lamani

KENDARIPOS.CO.ID — Dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019 diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) sebesar Rp 1, 8 triliun. Usulan itu dipresentasikan pada pertemuan terbatas dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kemendagri, serta sejumlah perwakilan kementerian dan utusan Bappenas.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mubar, Raden Djamun Sunyoto, mengatakan, usulan program dengan sumber DAK itu sudah diinput dalam aplikasi dan masuk dalam data usulan program di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk diverifikasi. “Total usulan DAK untuk tahun 2019 sekitar Rp 1, 8 triliun. Ini berasal dari semua SKPD yang ada di Mubar. Nantinya, usulan ini akan diverifikasi oleh pihak provinsi. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, langsung direkomendasikan ke pusat,” jelas Raden Djamun Sunyoto, rabu (18/4). Ia berharap usulan DAK tersebut dapat direalisasikan. Pasalnya, semua program kerja merupakan kebutuhan masyarakat Mubar.

Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani, mengingatkan agar SKPD mengawal usulan DAK tersebut agar dapat direalisasikan pemerintah pusat. “Silahkan masukkan sebanyak mungkin. Itu tidak masalah. Setelah usulan diterima, SKPD harus bekerja sesuai petunjuk. Sebab jika tidak, usulan yang sudah diterima bisa batal kembali,” ujar Achmad Lamani.

Sementara itu Ariman Sutiarso Poetra, Perwakilan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) menilai, usulan DAK Pemkab Mubar sudah sesuai menu program yang ditetapkan oleh pusat. Yang harus menjadi perhatian Pemkab Mubar, usulan itu harus disertai data lengkap. Jika sudah dilakukan, maka peluang memperoleh DAK sangat besar. “Selain itu bila usulan itu telah direalisasikan, SKPD harus melaksanakan kegiatan tepat waktu. Laporan kegiatan juga harus cepat dan akuntabilitas tetap dijaga. Yang pasti realisasi usulan disesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada,” jelasnya. (b/yaf)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729