Pariwara
Metro Kendari

Sosialisasi Sipencatar, Kemenhub Cari Calon Taruna di Kendari

IKUT SOSIALISASI: Ratusan siswa dari berbagai sekolah di Kota Kendari mengikuti sosialisasi Sipencatar yang diselenggarakan BPSDMP Kemenhub di UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra, kemarin (18/4). Foto: Marwan/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar) 2018. Seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi syarat bisa mendaftar, termasuk Sultra. Supaya lebih maksimal sosialisasinya, BPSDMP menyelenggarakan talkshow Sipencatar 2018 dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, rabu (18/4).

Acara tersebut dipusatkan di UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra. Ratusan siswa dari berbagai sekolah di Kota Kendari, ikut dalam kegiatan tersebut. Terasa spesial, karena Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan RI, M. Yugihartiman dan Kadis Dikbud Sultra Damsid juga hadir.

Kemenhub menghadirkan beberapa narasumber handal. Seperti Kepala Bagian Sekretariat BPSDMP Kemenhub Sindu Rahayu, Wakil Direktur I PIP Makassar Mustamin Latief, dan Direktur Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (BP2TD) Palembang, Anwar Tuip. Mereka banyak mengulas tentang banyak hal. Mulai tata cara pendaftaran, seleksi berbasis online, tes berkas, CAT, wawancara hingga persyaratan utama yang harus dipenuhi.

CENDERAMATA: Sekretaris BPSDMP Kemehub, M. Yugihartiman (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Kadis Dikbud Sultra, Damsid usai sosialisasi Sipencatar 2018.

Sekretaris BPSDM Perhubungan RI, M. Yugihartiman menjelaskan, saat ini ada 27 sekolah penerbangan yang diisi taruna dari semua provinsi. Namun demikian, Sultra khususnya Kota Kendari dipilih menjadi sasaran sosialisasi karena belum banyak yang masuk taruna Kemenhub. Dirinya berharap siswa asal Sultra tertarik. “Kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik bangsa, khususnya dari Sultra untuk masuk taruna Kemenhub,” ujar Yugihartiman, rabu (18/4).

Pendaftaran Sipencar 2018 telah dimulai sejak 9 April hingga 30 April 2018. Data sementara, sudah ada 6 ribuan pendaftar dari seluruh Indonesia. Pola penerimaannya secara online. “Pendidikan ini untuk mendidik agar prima, profesional dan beretika. Ada tesnya, kalau lulus bisa jadi PNS nantinya,” jelasnya.

Kadis Dikbud Sultra, Damsid sangat mengapresiasi sosialisai yang digelar BPSDMP Kemenhub. Sebab, hal itu selaras dengan peningkatan SDM Sultra dan mencerdaskan masyarakat. “Kami menyambut baik sosialisai ini. Karena memberikan kesempatan untuk menjadi taruna di Kemenhub,” katanya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top