Pariwara
Bau-bau

Serapan Anggaran Triwulan I Baubau Deviasi 15 Persen

Mohamad Abduh

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi serapan anggaran triwulan I Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau belum berjalan normal. Target realisasi yang diproyeksi setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) belum dapat terpenuhi. Sehingga mengakibatkan deviasi atau selisih antara target yang ditetapkan dengan realisasi serapan. Kondisi tersebut diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Kota (Setkot) Baubau, Mohamad Abduh, Rabu (18/4).

“Secara keseluruhan, realisasi penggunaan anggaran terjadi defiasi rata-rata sekitar 15 persen. Semua itu berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan yang belum berjalan maksimal,” kata Mohamad Abduh saat di temui di ruang kerjanya. Salah satu penyebab penyimpangan anggaran, karena perencanaan serapan pada masing-masing SKPD tidak matang. Dengan mematok target tinggi, tetapi tak mampu diselaraskan dengan penggunaan dana. Sehingga itu memicu terjadinya selisih dengan mudah.

“Misalnya pada Januari, target serapan 10 persen ternyata terealisasi hanya delapan persen, maka terjadi deviasi dua persen. Kemudian target Februari dipatok 20 persen namun yang diserap hanya 15 persen, terjadi jarak lima persen. Demikian halnya pada Maret yang ditargetkan 25 persen, namun hanya bisa 16 persen, maka kembali terjadi deviasi sembilan persen. Sehingga setiap bulan ditriwulan satu ada kecenderungan peningkatan selisih antara target dengan realisasi serapan,” terang Muahamad Abduh.

Meningkatnya deviasi otomatis mengindikasikan minimnya serapan anggaran. Hal ini tentu tak diinginkan karena dapat memicu lesunya perekonomian dalam masyarakat. “Padahal yang kita inginkan adalah penurunan deviasi setiap bulan. Sehingga antara target dan realisasi serapan bisa sejalan, atau paling tindak saling mendekati,” ulangnya lagi.

Sementara itu, Kepala BPKAPD Kota Baubau, Abdul Fatar yang ditemui sebelumnya di Kantor Wali Kota, Palagimata, enggan membeberkan capaian serapan anggaran. Alasannya masih sibuk. “Jangan dulu tanya itu. Saya masih ada urusan,” elaknya, sambil berlalu. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top