Pariwara
Politik

Panwaslu Koltim Pantau Validasi Data Pemilih Non KTP-el

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka Timur (Koltim) terus memantau proses pemutakhiran daftar pemilih sementara (DPS) menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra. Bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Koltim, Panwas turut mengidentifikasi 14 ribu pemilih yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) maupun surat keterangan (Suket).

Komisioner Panwaslu Koltim, Abang Saputra Laliasa mengatakan perbaikan DPS menjadi perhatian Panwas. Pasalnya, pemutakhiran data pemilih menjadi salah satu tahapan yang dianggap rawan kecurangan. Makanya, tahapan ini menjadi konsen Panwas. Untuk proses pemutakhiran data bisa melahirkan daftar pemilih yang akurat dan akuntabel, Panwas turut berkoordinasi dengan KPUD dan Disdukcapil setempat.

“Kami terus melakukan pengawasan pemilih potensial mulai di tingkat desa hingga ke Capil. Sejauh ini, sinergitas antara lembaga berjalan baik. Bila data akurat, maka kecurangan bisa diminimalisir,” kata Koordinator Devisi Pengawasan Panwaslu Koltim, Rabu (18/4).

Kepala Disdukcapil Koltim, Anwar Hamzah mengatakan pihaknya turun langsung di lapangan untuk mengiventarisasi pemilih non KTP-el. Sebanyak 14 ribu pemilih yang terdata di DPS kata dia, ditelusuri keberadaannya. Selain itu, pihaknya juga menyandingkan hasil Coklit DPS dengan DP4 maupun data base kependudukan Koltim.

“Alhamdulillah, 14 ribu data pemilih dari KPU kita telah tuntaskan. Sejumlah pemilih yang tidak terdata telah dicoret. Bagi yang kami temukan, kami berikan surat keterangan kolektif setiap desanya,” jelasnya.

Ia mengakui masih banyak warga Koltim yang belum melakukan perekaman. Dengan pemutakhiran data ini, masyarakat tergerak mengurus dokumen kependudukannya. Bukan hanya untuk menyukseskan Pilgub Sultra tanggal 27 Juni mendatang, namun juga kelengkapan data kependudukannya. “Saya berharap Pilgub Sultra nanti berjalan lancar,” kata mantan Camat Poli-Polia ini. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top