Pariwara
Buton

BPS Buton Sosialisasi PMTB

WA ODE AMALA/KENDARI POS
BPS : Pose bersama pihak Pemkab dan BPS Buton usai sosialisasi penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto, rabu (18/4)

KENDARIPOS.CO.ID — Secara nasional, Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar survei penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Dalam menyukseskan kegiatan tersebut, BPS Kabupaten Buton mulai menggelar koordinasi dan sosialisasi, Rabu (18/4). Asisten III Setkab Buton, La Ode Muhidin, menjelaskan, tahun ini akan dilakukan survei penyusunan disagregasi PMTB atau yang lebih dikenal investasi/kapital oleh BPS.

“Investasi yang kita maksud, diartikan sebagai modal atau kapital yang dikuasai pelaku ekonomi,” ujarnya, rabu (18/4). Peran investasi dalam perekonomian dapat tercermin dari PMTB dan ditentukan dua faktor, barang modal dan tenaga kerja. Pertumbuhan investasi yang ditunjukkan PMTB Buton saat ini dianggap terus meningkat dengan porsi PMTB bangunan 56,45 persen dan nonbangunan 43,54 persen pada tahun 2016.

“Ekonomi Buton selama tiga tahun terakhir terjadi perlambatan. Namun pada akhirnya bisa kembali dan mengalami percepatan pada tahun 2016,” katanya. Dikatakannya, lapangan usaha pertanian kehutanan dan perikanan, pertambangan dan penggalian serta konstruksi merupakan lapangan usaha penyumbang PDRB tertinggi di Buton. Investasi untuk ketiga lapangan usaha itu cukup besar.

“Survei ini kita jadikan sebagai pendukung dalam penyusunan produk domestik regional bruto (PDRB) pengeluaran,” sambung La Ode Muhidin dalam sosialisasi yang turut dihadiri Kepala Bappeda, Ahmad Mulia dan Kepala BPS Buton, Laode Harisumba, serta pejabat lingkup Pemkab. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top