Pariwara
Kesehatan

Ini Manfaat Mengkonsumsi Lebih Banyak Bawang Merah

KENDARIPOS.CO.ID — Ada alasan tersendiri mengapa Anda perlu memasukan bawang merah dalam menu diet harian Anda. Meski, konsumsi makanan yang satu ini dapat berdampak buruk terhadap kesegaran napas Anda, namun bukan tanpa manfaat.  Perlu diketahui, efek menyehatkan dari tanaman bernama latin Allium cepa var. aggregatum itu amatlah luas, terlebih ketika dimakan dalam keadaan mentah.

Apa saja manfaat bawang merah terhadap kesehatan Anda? Berikut seperti diambil dari FoodandOurHealth.com: 

1. Menghentikan pertumbuhan kanker

Bawang merah kaya akan sulfur yang berfungsi melindungi tubuh dari asam lambung dan beberapa jenis kanker. Sulfur juga membantu tubuh dalam memerangi bakteri pada saluran kencing. 

2. Mengontrol diabetes

Mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah sangat baik dalam mendorong produksi insluin. Karenanya bawang merah sangat direkomendasikan bagi Anda penderita diabetes. 

3. Menyembuhkan konstipasi

Bagi Anda yang punya masalah dengan konstipasi, bawang merah juga direkomendasikan. Serat yang dimiliki bawang merah efektif memaksa toksin keluar dari tubuh melalui usus halus. 

4. Meredakan sakit tenggorokan dan menyembuhkan mimisan

Jus bawang merah sejak dulu digunakan untuk mengatasi penyakit flu dan sakit tenggorokan. Sementara bagi yang memiliki masalah dengan mimisan, dengan mencium aroma bawang merah, dapat membantu Anda meredakannya.

5. Melindungi jantung dan mengontrol kolesterol dan darah tinggi

Gemar mengkonsumsi bawang merah dapat membantu Anda memerangi penyakit koroner dan menjaga tekanan darah tinggi. Sementara mengkonsumsinya dalam keadaan mentah dapat membantu tubuh mengontrol kadar LDL atau kolesterol jahat.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top