Space Iklan
Pariwara
Bau-bau

DKP Baubau Usul Bantuan 180 Ribu Benih Ikan

Ahman Basarudin

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi laut Kota Baubau untuk dimanfaatkan sebagai kawasan pengembangan sektor perikanan, memang sangat menjanjikan. Selain karena didukung letak geografis yang dikelilingi laut, kondisi perairan pesisir daerah ini juga masih terjaga dari pencemaran. Sehingga pengembangan budi daya bibit ikan dapat dilakukan dengan mudah.

“Kondisi laut bagian pesisir Kota Baubau masih sangat baik. Dalam artian belum tercemar. Sehingga resiko tingkat kematian bibit ikan dalam proses pembudidayaan sangat rendah,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Budidaya dan Pembenihan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Baubau, Ahman Basarudin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/4).

Makanya, pihak DKP mengajukan usulan bantuan bibit ikan untuk dibudidayakan oleh masyarakat nelayan Baubau. Nantinya bisa meningkatkan sektor perikanan dan penghasilan bagi para nelayan. “Kita mengusulkan bantuan bibiy ikan sebanyak 180 ribu ekor,” ungkapnya.

Kata dia, pengajuan bantuan benih ikan tersebut berdasarkan hasil survei kondisi laut Kota Baubau yang telah dilakukan tim monitoring Balai Benih Ambon. Perairan Baubau dianggap layak untuk pengembangan budi daya ikan. “Namun, berapa bantuan benih ikan yang akan disepakati untuk direalisasikan, saya belum tahu pasti. Yang jelas, mereka sudah ada estimasi dan jenis ikannya adalah kerapu dan kakap,” terangnya.

Ahman Basarudin menambahkan, jika bantuan tersebut direalisasikan, pihaknya akan menyalurkan kepada kelempok nelayan. Khususnya kelompok yang mengajukan bantuan budi daya ikan untuk dikembangkan di tambak masing-masing. “Mengenai penyalurannya, saat ini kita masih menunggu informasi dari Balai Benih Perikanan Laut Ambon. Mudah-mudahan tidak lama lagi (tahun ini) segera direalisasikan,” pungkasnya. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top