Pariwara
Kolaka Utara

Target Tercapai, Disdukcapil Kolut Diberi Bantuan

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
KERJA EKSTRA : Staf Disdukcapil Kolut menambah hari dan kerja untuk mengejar target pembuatan KTP-el bagi warga.

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka Utara (Kolut) dalam pengurusan akta kelahiran pada tahun ini mencapai 86,17 persen. Angka itu melebih standar yang diproyeksi sebelumnya, 85 persen. Atas capaian tersebut, Disdukcapil akan mendapat bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk melaksanakan pembuatan kartu identitas anak (KIA).

Kadis Capil Kolut, H. Salewangan, mengaku, tahun ini hanya instansinya yang lolos pencapaian di Sultra. Pihaknya telah diundang ke pusat sejak 29 Maret lalu. “Sebanyak 148 kabupaten/kota diundang dan yang terpilih 40 Capil di seluruh Indonesia, termasuk Kolut salah satu di dalamnya,” ujarnya, senin (16/4). Salewangan menjelaskan, untuk pengusulan KIA ini sudah diupayakan sejak 2016 lalu, namun belum pernah mencapai target ketentuan sebesar 85 persen. Pihaknya telah beberapa kali mengusul soal anggaran termasuk melalui APBD agar bisa melaksanakan pembuatan KIA, namun minim dana. “Kami menanti bantuan anggarannya dari pusat yang kemungkinan pada APBN perubahan mendatang sudah bisa diterima,” harapnya.

KIA ini nantinya akan menjaring anak-anak usia 0-18 tahun (kurang sehari). Pembuatan KIA itu tentunya membantu mendongkrak capaian akta kelahiran. Sebab, salah satu syarat untuk mendapatkannya, perlu melampirkan akta kelahiran.

Salah satu faktor penghambat capaian akta kelahiran anak diketahui karena status pernihakan pihak orang tua belum disahkan oleh negara. “Tentulah bagi yang bersangkutan harus menggelar sidang isbat terlebih dahulu di Pengadilan Agama. Tanpa buku nikah, tidak bisa dibuatkan akta,” tegas Salewangan. Dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali menggelar sosialisasi khusus ke sejumlah sekolah menyangkut identitas KIA. “Manfaatnya banyak, baik untuk pengurusan sekolah, keimigrasian, pelayanan kesehatan serta transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top