Pariwara
Buton

Tak Layak Konsumsi, Dinsos Buton Kembalikan Rastra

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kecamatan Lasalimu di Kabupaten Buton, khususnya pada 10 desa yang ada, menolak penyaluran beras sejahtera (Rastra) oleh Perum Bulog Kota Baubau. Itu karena beras yang didistribusikan dianggap tak layak konsumsi.

Penolakan penyaluran Rastra pada beberapa desa di Kecamatan Lasalimu tersebut memang bukan tanpa alasan. Kualitas beras disebut tidak layak konsumsi karena ditemukan kutu dan bulir beras patah. Sehingga sebelum disalurkan, langsung di kembalikan ke Bulog.

“Tim dari Dinsos melakukan pengecekan bersama dengan camat dan Kades pada saat Rastra tiba dan ternyata kondisinya parah. Makanya tidak sempat diturunkan dari truk. Kita putuskan untuk dikembalikan saja,” ungkap Kasi Pemberdayaan Kelembagaan Sosial pada Dinsos Buton, Yogi Gustamin saat ditemui, Senin (16/4). Ia mengaku, Rastra yang dikembalikan Pemerintahan Kecamatan Lasalimu, merupakan pembagian bulan Maret dan April 2018.

Beras tersebut merupakan jatah bagi warga pada beberapa desa, diantaranya Wasuamba, Wasambaa, Lasembangi, Suandala, Bonelalo, Talaga Baru, Sribatara, Waoleona dan Wagari. “Dari hasil konfirmasi dengan pihak Bulog, Rastra yang dikembalikan pada 12 April 2018 lalu akan digantikan paling lambat seminggu. Sehingga masyarakat dengan cepat menikmati beras subsidi dari pemerintah yang layak konsumsi. Harapan kami, kejadian ini tidak terulang lagi, sehingga penyaluran Rastra dapat tersalurkan tepat waktu,” tandas Yogi. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top