Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Stok Bahan Pokok Aman Hingga Lebaran, Hari Ini Rakor Bersama Pemda Sultra

Foto Bersama: Dirjen Kemendag, Arlinda, MA (kemeja putih bercorak), didampingi Kadisperindag Sultra, Hj.Siti Saleha, M.Si (kiri) dan Kepala BI Perwakilan Sultra, Minot Purwahono (empat kiri) serta store manager Hypermart Lippo Plaza Kendari, usai memantau ketersediaan Sembako di Hypermart Kendari, Senin (16/4). FOto: Lindri Merinda/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Direktur jenderal (Dirjen) Pengembangan Eskpor nasional (PEN) kementerian perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), Ir. Arlinda, M.A., langsung melaksanakan tugasnya begitu mendarat di Kota Kendari pukul 17.45 Wita senin (16/4). Dia langsung ke Hypermart Lippo Plaza Kendari, memantau ketersediaan bahan pokok jelang Ramadan hingga Idul fitri nanti. Hasilnya, stok Hypermart cukup hingga dua hari raya itu tiba, termasuk memastikan harga jual sesuai dengan Harga Eceran tertinggi (HET). “Saya lihat ada beberapa komoditi yang kita pantau seperti beras, bawang merah dan bawang putih, daging, daging ayam, telur, kedelai serta jagung. Harganya pun sesuai dengan HET yang kita tentukan,” beber Arlinda, saat memantau ketersediaan bahan pokok di Hypermart, Senin (16/4).

Dia mencontohkan, kebutuhan pokok yang harus sesuai dengan HET yakni minyak goreng yang tersedia dalam bentuk kemasan sederhana. Dimana, harga sesuai dengan HET senilai Rp 11.000. Dia pun memastikan, Hypermart telah menjual beras premium sesuai HET yakni di harga sekitar Rp 12.900. Yang tidak ada, kata dia, justru beras medium yang sasarannya menengah ke bawah. Untuk harga sesuai HET, beras tersebut di range Rp 9.450. “Mungkin nanti Hypermart bisa bekerjasama dengan Bulog, karena harganya Rp 9.000 sampai Rp 9.450. Tadi kita sudah perkenalkan dengan Bulog, supaya nanti Bulog bisa mengisi. Besok (hari ini-red) saya akan bertemu dengan Pemda, apakah memang stok tersedia, karena saya baru di satu tempat saja. Tadi dikatakan kebutuhan gula, minyak goreng, beras, itu masih mencukupi saat puasa sampai jelang lebaran. Tapi secara keseluruhan kta lihat besok,” jelasnya.

Dirjen PEN Kemendag ini, juga menyampaikan pada rapat koordinasi (Rakor) bersama Pemda, semua instansi terkait akan hadir diantaranya Disperindag Sultra, Polda Sultra, BI Perwakilan Sultra dan Bulog, untuk sinkronkan, apakah benar semua kebutuhan pokok di Sultra, khususnya Kota Kendari terpenuhi jelang puasa, lebaran idul fitri maupun H+7 usai lebaran. Selain Rakor, Arlinda juga memastikan akan melakukan kunjungan ke pasar-pasar hingga ke gudang Bulog, untuk mengtahui ketersediaan beras yang ada. “Kita berharap ini tidak akan permasalahan. Sekali lagi, di Hypermart ini semua tersedia. Cuma Hypermart ini level menengah ke atas. Saya katakan, bisa disiapkan beras medium. Jadi kerjasama antara Hypermart dengan Bulog, itu yang saya coba push (tekan-red). Sehingga masyarakat menengah ke bawah, bisa juga beli di sini. Karena kalau tidak punya pilihan, kita akan masuk di beras premium yang harganya Rp 12.000 tadi. Saya sudah konfirmasi dengan Bulog, mengatakan kualitas beras mediumnya cukup baik. Saya akan pantau dan lihat follow up teman-teman dari Hypermart untuk kerja sama dengan Bulog,” tandasnya. (Ind/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top