Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Bentuk Tim Anggaran Non APBD

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Semangat membangun daerah terus diperlihatkan Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina. Berbagai upaya untuk mewujudkan daerah yang dipimpinnya mengalami kemajuan mulai dilakukan. Salah satu dengan membentuk tim anggaran non APBD yang melibatkan unsur pemerintahan, swasta dan masyarakat. Nantinya, kolaborasi tersebut dapat mewujudkan pembangunan Kota Baubau tanpa menggunakan uang daerah atau APBD.

“Saya selalu katakan, pembiayaan pembangunan di Kota Baubau tidak mesti menggunakan APBD. Buktinya seperti Rumah Sakit Siloam itu bukan biaya dari APBD. Jadi, hotel, pasar, pelabuhan serta vocal point yang sementara kita gagas sekarang tidak harus menggunakan anggaran dari pemerintah,” cetus Hado Hasina, senini (16/4).

Menurutnya, pemerintah hanya membutuhkan master pembangunan untuk mengetahui secara jelas mekanisme pengerjaan sebuah proyek. Sehingga tidak melenceng dari apa yang telah direncanakan. “Tugas pemerintah adalah sebagai regulator. Yang melakukan pembangunan itu yang punya duit. Kalau di situ (yang memiliki uang) adalah masyarakat, maka kita libatkan sebagai bagian dari investasi. Misalnya ada yang punya tanah satu hektare dengan nilai Rp 5 miliar, maka yang bersangkutan jadi pemegang saham lima miliar. Tetapi manajemennya kita serahkan pada pengelola modern. Masyarakat tetap mendapat bagiannya. Dan semua itu harus kita koordinasikan bersama Anggota DPRD Kota Baubau,” sambungnya.

Saat ini, kata Kepala Dinas Perhubungan Sultra itu, tim anggaran non APBD suda mulai berjalan dengan melibatkan seluruh stakeholder. “Terbentuk atau tidak, tim anggaran non APBD sudah mulai berjalan. Kita menggelar diskusi dengan mengundang ahli dari Jakarta dan Bandung. Jadi intinya adalah membangun kemitraan antara swasta, masyarakat dan pemerintah. Pemerintah adalah pengatur kemudian swasta yang memiliki duit dan masyarakat adalah penerima hasil. Semua itu sebagai bentuk implementasi pembangunan “Atumpu Yincana Mangamia Bari”. Yaitu, pembangunan yang mendapatkan kepuasan dari seluruh masyarakat,” tutup Hado Hasina. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top