Space Iklan
Pariwara
Politik

Pemilih Pemula Kota Kendari Capai 30 Persen

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Kendari pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra mencapai 182.058 pemilih. Dari jumlah tersebut, 30 persen diantaranya tercatat sebagai pemilih pemula. Jumlah tersebut masih berpotensi berubah setelah proses rekapituasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Komisioner KPU Kota Kendari, Asril mengatakan sumbangsih pemilih pemula pada kontestasi pesta demokrasi lima tahunan cukup besar dalam memenangkan para kandidat. Makanya, KPU harus memastikan para pemilih pemula ini bisa menyalurkan suaranya pada tanggal 27 Juni nanti. “Di Kota Kendari ini pemilih pemula kita mencapai kurang lebih 30 persen. Dan itu mungkin juga akan bertambah hingga hari H,” katanya saat disambangi di kantor KPU Kota Kendari, Senin (16/4).

Agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya, KPU intens melakukan sosialisasi pada pemilih pemula yang notabene adalah siswa setingkat SMA sederajat. Hal itu untuk memastikan terdaftar sebagai pemilih dan mengetahui norma-norma dalam pemilihan.

“Kami akan terus mendatangi sekolah masing-masing agar tahu informasi bahwa rabu 27 Juni 2018 adalah pemilihan sehingga harus menyalurkan hak suaranya,” ungkapnya.

Menurutnya, pemilih pemula yang belum terkontaminasi dalam politik. Makanya, mereka lebih memilih sesuai hati nurani, tanpa ada tendensi dari siapapun. “Karena betul-betul pemilih yang memilih sesuai hati nuraninya. Sebagai generasi baru memilih dengan baik. Sehingga harus diedukasi,” jelasnya.

Asril berharap pemilih pemula yang ada di kota Kendari lebih proaktif dan turut berpartisipasi. Mengingat keikutsertaan mereka di Pilgub Sultra menjadi penentu keberlangsungan pesta demokrasi di Sultra. “Jadi, tetap salurkan hak suara karena itu untuk memilih pemimpin ke depan,” tandasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top