Pariwara
Politik

Like Status Facebook, ASN di Konkep Dilaporkan ke KASN

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 10 aparatur sipil negara (ASN) pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) tinggal menunggu sanksi. Keterlibatan mereka dalam aksi dukung-mendukung pasangan calon maupun calon anggota legislatif (Caleg) Pemilu 2018 memaksa mereka harus berurusan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Mirisnya, ada beberapa ASN diciduk yang menduduki jabatan eselon II dan III.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Konkep, Nur Rahmat mengaku prihatin dengan komitmen pamong pemerintah dalam menjaga netralitasnya. Pasalnya, keterlibatan mereka terus terulang. Dari 10 nama yang diajukan ke KASN, ada yang menjabat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bidang (Kabid) serta kepala bagian.

“Mereka ini diajukan ke KASN, karena ada salah satu OPD yang mengupload salah satu bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan maju di Pemilu 2019. Kemudian di like beberapa oknum ASN. Atas dasar itu, kami proses dan saat ini telah diserahkan ke KASN,” bebernya senin (16/4).

Panwas kata dia, tidak hanya memproses dalam konteks Pilkada saja. Pengawasan tahapan Pemilu 2019, juga menjadi bagian dari untuk melakukan pengawasan. Sementara laporannya lainnya, masih menyangkut keberpihakan ASN pada pasangan calon tertentu.

Dirinya mengklaim, 10 ASN yang sudah direkomendasikan tersebut sudah sesuai prosedur Panwaslu dalam menjaga netralisir pamong di Pulua Wawonii. Rujukan dan rekoemndasi Panwas, mengacu pada Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang asas kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan poin F pasal 2, tentang netralitas.

“Atas dasar itulah sehingga kami berani melakukan rekomendasi beberapa oknum ASN ke KASN. Karena secara tidak sadar mereka susah mendukung salah satu bakal calon. Kami juga memproses sesuai prosedur perundang-undangan. Nanti KASN yang akan menentukan apakah mereka bersalah atau tidak. Jadi jangan keberatan dengan rekomendasi kami ke KASN,” ujar Nur Rahmat. (b/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top