Pariwara
Hukum & Kriminal

Kemenkum HAM Geledah Lapas dan Rutan, Puluhan Handphone Diamankan

KENDARIPOS.CO.ID — Tim dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas dan Rutan Kelas II A Kendari, Senin (16/4). Dari hasil razia yang dimulai sekira pukul 09.00 Wita, ditemukan puluhan unit telepon genggam dari tangan warga binaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra, H Muslim, sidak ini adalah program nasional dalam rangka HUT ke-54 Pemasyarakatan. Razia ini dilakukan ini secara serentak seluruh Indonesia. “Tujuannya, untuk menghindarkan warga binaan dari penyalahgunaan narkoba,”cetusnya.

Lapas dan Rutan yang ada di Sultra, kata dia tak luput dari pemeriksaan. Ini merupakan langkah pemerintah untuk memberantas kejahatan dalam Lapas dan Rutan. Khusus, di Rutan Kelas II A Kendari, didapatkan 1 unit handphone milik warga binaan, barang tersebut langsung disita. Begitu pula, di Lapas Kendari. “Kami sita rata-rata handphone, jumlahnya kalau tidak salah 10 unit. Dari hasil penggeledahan setiap sel, tidak ditemukan narkotika dan obat-obatan terlarang,” kata Muslim. Ia menambahkan untuk membebaskan peredaran berang haram di Rutan atau Lapas, maka bawang barang pengunjung harus diperiksa melalui alat pendeteksi narkoba. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top