Pariwara
Buton Tengah

DPMD Buteng Desak APBDes Dituntaskan

KENDARIPOS.CO.ID — Desakan agar pembahasan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) segera dituntaskan, disuarakan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Buton Tengah (Buteng) pada para kepala desa. Pasalnya, banyak desa di Buteng yang belum menyelesaikan APBDes tersebut. Padahal hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mencairkan dana desa (DD) tahap awal 2018 ini.

Kepala DPMD Buteng, Arsidik Patola, mengatakan, seharusnya DD sudah dapat dicairkan sejak Maret 2018 lalu. Namun, karena telatnya pembahasan APBDes, maka dana juga tak dapat dicairkan. “Kalau memang ada kendala yang dihadapi dalam penyusunan, mestinya dikoordinasikan. Ini membuktikan jika para kepala desa kurang koordinasi dalam menyusun APBDes. Artinya rancangan APBDes terkesan dibuat dengan asal-asalan, hanya sekadar menggugurkan kewajiban. Kami juga mengapresiasi Kades yang telah menuntaskan APBDesnya,” ungkap Arsidik Patola, Senin (16/4).

Ia mengungkapkan, dari 67 desa di Buteng baru ada belasan yang menuntaskan APBDes. Olehnya itu, pihaknya mengambil inisiatif mengundang para Kades untuk mengetahui kendala yang dihadapi. Kemudian membahas masalah tersebut agar dapat diselesaikan secepatnya. “Kalau APBDesnya dikonsultasikan hari ini, dam jika ada perubahan, diperbaiki juga hari ini. Jangan ditunda-tunda hingga butuh waktu sepekan untuk diperbaiki. Kami berharap agar APBDes segera dituntas agar DD segera dimanfaatkan,” tutupnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top