Pariwara
Metro Kendari

Dinas Penanaman Modal – PTSP Kendari Jadi Percontohan Layanan Publik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Kendari, Sri Yusnita

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-) Kota Kendari sudah layak menjadi ‘kampus’ bagi organisasi perangkat daerah (OPD) di metro ini. Pasalnya, dari 13 OPD pelayanan masyarakat yang dinilai Ombudsman RI, hanya dinas di bawah kendali Sri Yusnita itu yang meraih angka tinggi. Selebihnya masih mendapat sejumlah catatan penting untuk melakukan pembenahan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan, dalam penilaian itu, banyak item yang mencapai angka sempurna. Misalnya, penerbitan tanda daftar perusahaan, SIUP, Izin rumah makan, izin apotik dan beberapa lainnya yang menembus angka 100. “Semua OPD pelayanan publik itu ada 13. Semuanya dinilai, tapi baru kita yang hijau, rata-rata 100. Tapi begitu ditotal dengan OPD lain hasilnya rendah, makanya Pemkot sekarang masih kepatuhan rendah, karena baru kita yang hijau,” jelasnya, Seni

Manajemen pelayanan yang diterapkan DPM-PTSP itu juga sudah ditinjau oleh Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Jumat (13/4). Dia ingin memastikan hal-hal apa saja yang dilakukan oleh instansi perizinan itu dalam memenuhi standar pelayanan publik dengan kepatuhan tinggi. Tujuannya, agar semua OPD pelayanan publik itu bisa mencontoh hal-hal positif dimaksud. “Pak Plt. Wali Kota ke sini (DPM-PTSP) untuk memantau pelayanan yang kami lakukan. Sebab, diantara semua OPD, hanya kami yang hijau. Makanya, DPM-PTS dijadikan bagi OPD lain,” katanya.

Menjadi nilai tambah kata dia, semua komponen persyaratan setiap izin, sudah terpampang di ruang pelayanan PTSP. Termasuk mekanisme pengaduan, waktu penyelesaian serta biaya yang digunakan dalam pengurusan satu izin. “Standar pelayanan publik sudah dituangkan dalam bentuk peraturan Wali Kota Kendari,” ujarnya. Lebih lanjut mantan Kabag Pembangunan ini menuturkan, setelah Ombudsman, instansinya juga akan dinilai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pada bulan Juli mendatang. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top