Pariwara
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra Layani Penukaran Uang Lusuh

Jaga Kualitas Uang: Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono (berbaju batik), saat melakukan sosialisasi terkait uang lusuh pada pedagang di Pasar Basah Mandonga, Sabtu (14/4) pekan lalu. Foto: Lindri Merinda/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka menjalankan Clean Money Policy yang bertujuan menyediakan rupiah dalam jumlah yang mencukupi, dengan berbagai komposisi pecahan serta dalam kondisi layak edar, Bank Indonesia (BI) Sultra melakukan aksi bersih bersih uang lusuh. Aksi BI ini dilaksanakan di Pasar Basah Mandonga dan Pasar Lelang, Sabtu (14/4) pekan lalu.

Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono, mengatakan aksi tersebut dilakukan dengan memberikan layanan penukaran uang lusuh maupun rusak yang dilakukan di dua pasar tradisional yakni Mandonga dan Pasar Pelelangan lkan. Dipilihnya kedua lokasi tersebut, kata dia, didasari indikasi bahwa kualitas uang yang beredar di pasar masih dibawah standar. “Melalui aksi tersebut diharapkan kualitas uang yang dipegang oleh masyarakat akan semakin baik,” katanya.

Selain memberikan layanan penukaran uang, dalam kesempatan tersebut BI juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan menjaga kualitas uang yakni dengan cara 5 J yaitu Jangan Dilipat, Jangan Diremas, Jangan Dicoret, Jangan Dibasahi dan Jangan Disteples atau dilubangi. Seluruh uang lusuh yang diperoleh BI nantinya akan dimusnahkan. Kepala Perwakilan BI Sultra itu, yang memimpin langsung kegiatan tersebut. “Setiap bulan, BI Sultra memusnahkan uang tidak layak edar antara Rp. 100 sampai Rp.150 Milyar untuk diganti dengan rupiah baru,” tutup Minot. (Ind/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top