Pariwara
HEADLINE NEWS

Asrun Gugat KPK, Kuasa Hukum : Proses Penangkpan Asrun Tidak Prosedural

Safarullah

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus hukum yang menjerat mantan Wali Kota Kendari Asrun memasuki babak baru. Dianggap menyalahi peraturan perundang-undangan, mulai dari pemeriksaan, penjemputan paksa hingga penahanan, Asrun gugat (praperadilankan) lembaga anti rasuah di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Asrun, melalui kuasa hukumnya Safarullah mengatakan, telah mendaftarkan gugatan prapreadilan ke PN Jakarta Selatan sejak 20 Maret 2018. “Kita baru sidang awal pemeriksaan berkas perkara,” ujar Syafarullah saat ditemui usai persidangan, di PN Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018)

Sidang yang diagendakan pada pukul 09.00 WIB harus tertunda karena menunggu kehadiran dari pihak termohon (KPK, red). Sidang perdana praperadilan kasus dugaan suap yang menyeret nama mantan Wali Kota Kendari Asrun dimulai sekitar pukul 11.00. Dalam materi gugatannya, Syafarullah mempermasalahkan tiga hal yakni, persoalan pemeriksaaan kliennya di Polda Sultra, penetapan tersangka dan proses penahanannya.

Dihadapan hakim Ketua Agus Widodo, Safarullah membeberkan ketiga hal yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang dilakukan KPK terhadap kliennya. “Ketiga proses tersebut kami nilai tidak sesuai dengan hukum acara berlaku,” tegas Safarullah saat membacakan gugatannya dihadapan majelis hakim. Lebih jauh Safarullah mengurai, terkait dengan penjeputan kliennya mulai dari kediaman hingga ke Jakarta. Berdasarkan keterangan kliennya, termohon (KPK, red) tidak mengizinkan kliennya untuk berkomunikasi dengan siapapun. “Tindakan tersebut tidak sesuai dengan aturan penangkapan yakni pasal 1 angka 20 KUHP. Selain itu, penyidik tidak dilengkapi dengan surat perintah penyidikan,” jelasnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top